Inilah 5 Hobi yang Bisa Ngehasilin Pundi-Pundi Uang

Hobi yang menghasilkan uang via http://www.moneymakeway.com/

Mengeluti hobi adalah salah satu kesibukan yang bisa kita lakukan di waktu luang kuliah. Walaupun kita kuliah, belajar ini itu, bukan pula berarti kita gak bisa menjalani hobi sob. Itulah pentingnya manajemen waktu, jangan sampai ada yang terabaikan. Namun kali ini kita gak bakal ngomongin soal manajemen waktu, terlalu berat!

Gimana kalau kita ngomongin tentang hobi yang bisa menghasilkan uang. Bicara tentang uang pasti matamu jadi ijo kan? Siapa sih yang gak pengen hobinya menghasilkan uang. Kamu pasti pengennya, tenang sob. Cuma butuh kemauan ama sedikit keberuntungan aja kok.

Hobi yang menghasilkan uang via http://www.moneymakeway.com/
Hobi yang menghasilkan uang via http://www.moneymakeway.com/

Nah, hobi apa aja sih yang bisa ngehasilin uang? Pengen tahu? Kali ini redaksi ABe akan merangkumnya, berikut daftarnya sob. Semoga bermanfaat!

1. Fotografi

Untuk yang hobi fotografi, ayo deh. Dari pada hobinya cuma tersalurkan lewat hard disk, atau di-upload di media sosial doang. Mending disalurkan ke tempat yang lain, mungkin kamu memang punya bakat luar biasa di bidang fotografi. Caranya? Pertama kamu bisa coba ikut perlombaan fotografi yang sering diadakan berbagai instansi, tinggal klik di google pasti ketemu deh. Kedua, kamu mungkin bisa lebih kreatif lagi, buka bisnis foto keluarga, pra-wedding, atau apalah. Selagi ada kemauan mah, semua bisa.

2. Menulis

Hobi menulis? Pasti pengen kan tulisan kamu dibaca banyak orang dan menghasilkan uang. Gampang, kamu bisa mengirim tulisan kamu ke media massa sob. Misalnya mengirim cerpen ke koran minggu pagi. Banyak deh, tinggal coba! Atau kamu bisa coba freelance nulis di website gitu? Bisa! Kamu hanya perlu mencari informasi aja, banyak tuh lowongan penulis lepas di internet. Usaha dong!

3. Musik

Nah kalo yang ini kayanya gak perlu dikasih tahu carannya menghasilkan uang kan, kamu pasti udah tahu. Bagi kamu yang memang punya kemampuan bermusik bisa mencoba untuk mengikuti festival musik yang sering diselenggarakan di berbagai kota, atau mencoba di kafe-kafe. Semuanya bisa sob! Asal kamu mau aja, emang dari tadi kuncinya itu di kemauan kita ya haha

4. Bahasa asing

Jika kamu punya kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mencoba untuk menjadi translator. Banyak kok pekerjaan yang membutuhkan translator, misalnya di lembaga bahasa asing atau jadi volunter kegiatan berskala internasional. Kalau memang kesempatan itu ada, kenapa gak dimanfaatkan. Bener gak?

5. Desain

Desain, gak semua orang punya kemampuan mendesain, apapun itu dari desain interior, desain produk, atau membuat banner/logo. Nah bagi kamu yang udah hobi nge-desain, apa salahnya kan hobinya disalurkan? Mana tahu banyak yang berminat dengan hasil karyamu. Mungkin kamu bisa merangsang banner atau logo di kampusmu atau apalah. Yang penting bisa menghasilkan pundi-pundi uang hehe


Artikel Terkait