7 Jurus Maut Agar Skripsi Cepat Kelar

7 jurus maut agar skipsi cepat kelar

7 jurus maut agar skipsi cepat kelar

Udah berbulan-bulan ngurus skripsi tapi ga kelar-kelar? Diledek adik kelas sebagai mahasiswa angkatan fosil? Dijutekin sama dosen gara-gara sering ngerecokin jam istirahat mereka? Batal nikah karena lulus kuliah kelamaan?

Jangan khawatir! Jika status kamu saat ini adalah mahasiswa abadi alias MA, tidak berarti toga dan ijazah enggan menghampiri hidupmu. Mungkin selama ini kamu aja yang salah pake jurus. Harusnya pake jurus bangao, malah pake jurus anjing kejepit. Mestinya kuda-kudanya maju, ini malah ke samping. Wajar kalau skripsimu telat hingga lebih dari satu semester.

Daripada terus-menerus meratap nasib, ada baiknya coba jurus-jurus berikut ini supaya kamu cepat lulus dan bikin bangga nenekmu.

1. Buang Potensi yang Mengganggu Konsentrasi

stay focus
Stay Focus via http://enano007jr.deviantart.com/

Lagi sibuk riset di perpus, tiba-tiba ada temen yang ngajak nonton bareng. Lagi asyik masyuk bercengkerama dengan makalah ilmiah, ngeliat Instagram temen yang lagi liburan di Bali terus jadi mupeng.  Pas lagi janjian sama dosen buat diskusi, kecenganmu tiba-tiba ngajak makan bareng. Nah, ini dia yang bikin skirpismu ga kelar-kelar. Buuaaannyaaak banget yang gangguin konsentrasi.

Padahal sebenarnya yang mengganggu perhatian itu adalah yang remeh temeh, bukan urusan keluarga yang, misalnya ortu sakit terus minta kamu pulang. Tapi karena emang niat pengen cepet lulus itu ga ada, atau kurang, ya gampang aja dibujuk kayak beginian.

Anggaplah skripsi itu proyek bisnis. Maka kliennya adalah orang tuamu. Investasinya adalah biaya kuliahmu. Maka kamu harus membuat klienmu puas dan bisa memberikan hasil investasi yang lebih besar dari pengeluaran. Mungkin pola pikir ini bisa bantu kamu untuk lebih konsen lagi.

2. Berkawan dengan Teman yang Udah Lulus

Bertemanlah dengan mereka yang sudah lulus kuliah via http://news.okezone.com/
Bertemanlah dengan mereka yang udah lulus kuliah via http://news.okezone.com/

Ini jurus yang cukup efektif buat kamu yang “angot-angotan” bikin skripsi. Berteman dengan orang sukses, biasanya ikut membawa sukses. Minimal merasa malu kalau belum sukses-sukses. Dengan seringnya kamu berinteraksi sama mereka yang udah lulus, apalagi kalau bisa ngekos bareng mereka, itu lebih bagus. Apalagi kalau mereka suka nge-bully kamu karena kelamaan lulus. Ingat, seseorang bisa maju bukan karena motivasi, tapi lebih sering karena dicaci maki. Jad makin banyak yang ngeledekin kamu, makin top markotop.

3. Hukum Diri Sendiri

Hukum diri sendiri dan jangan lupa do'a biar cepet lulus via http://nasional.news.viva.co.id/
Hukum diri sendiri dan jangan lupa do’a biar cepet lulus via http://nasional.news.viva.co.id/

Kamu udah bikin target tapi ga lulus-lulus? Hukum dirimu sendiri! Caranya? Tiap meleset target per minggu, kamu harus sedekah misalnya 500 ribu rupiah ke anak yatim. Tentu sambil minta mereka doain supaya kamu cepet lulus. Begitu meleset lagi, sedekah lagi. Terus menerus kayak gitu sampe kamu “bangkrut”.

Lho, kok bangkrutnya pake tanda kutip? Iya, soalnya meski terlihat seolah-olah kamu kehilangan duit, sebenarnya ngasih ke anak yatim itu malah bisa ngundang rezeki lebih banyak lho.. Jadi anggap saja ini sebagai latihan belajar sedekah. Dan siapa tau, semakin banyak kamu sedekah ke yatim, bukan saja kamu jadi lebih cepat lulusnya, tapi juga lebih cepat dapet kerjanya. Kan mantappp…

4. Pilih Dosen Killer

Dosen Killer
Ilustrasi Dosen Killer via corbis.com

Meski sebagian kampus memberlakukan standar penunjukan dosen pembimbing berdasarkan tema skripsi, namun ada juga yang bisa “request”  dosennya. Umumnya mereka memilih dosen-dosen yang baik hati dan tidak sombong. Kalau kamu niatnya pengen cepet lulus, ada bagusnya kalau minta dipilihin dosen yang paling killer. Makin killer, makin bagus.

Killer bukan berarti ribet lho, ya. Ada juga dosen yang baik tapi sebenarnya ngeribetin. Killer itu bisa berarti dia akan mengejar-ngejar kamu terus supaya cepat selesai, bakal ngomel-ngomelin kamu kalau lama ga bimbingan, atau malah nyalah-nyalahin teorimu. Biasanya, pembimbing killer  itu bakal membela kamu saat disidang.

5. Deadline Lamaran

kapan lulus
Sayang, kamu kapan lulus?

Kalo kamu udah punya calon pasangan hidup, dan kamu cinta mati banget ama doi, baiknya bikin “sumpah untuk tidak setia”. Isinya, calon kamu berhak mencari pasangan lain apabila dalam tahun ini kamu belum lulus-lulus juga. Nah, ini keren banget. Biasanya cinta itu dibuktikan dengan pengorbanan yang standart, maka buktiin cintamu dengan cepat-cepat lulus dari kampus.

6. Stop Kiriman Ortu

Stop Kiriman Ortu sampai wisuda
Stop Kiriman Ortu Sampai Wisuda

Ini mirip-mirip dengan poin nomor lima di atas, bedanya kalau yang ini kaitannya sama orang tua. Kalau bokap-nyokap kamu orang tajir, itu malah lebih bagus. Biasanya anak-anak orang kaya yang skripsinya lama selesai karena beranggapan ortu mereka masih sanggup biayain sampai dua semester ke depan. Kalau pun telat lulus paling cuma diomelin doang. Ga sampai diputus logistiknya.

Nah, karena itu, ada bagusnya kalau kamu berani mengambil tantangan ini. Bilang sama orang tua kalau sampai semester ini masih nggak lulus-lulus juga, mereka tidak perlu mengirim uang lagi. Hidupmu di perantauan ditentukan sama kerja kerasmu.

7. Izinkan Temanmu mem-Bully

skripsi gak kelar-kelar
Skirpsi Lu Gak Kelar-kelar? Lol

Ini jurus terakhir kalau masih ga kelar juga skripsimu. Posting status di media sosial bahwa kamu ga lulus-lulus, terus izinkan temanmu ngata-ngatain kamu. Syukur-syukur di friend list kamu ada calon suami or istrimu, jadi sekalian aja tuh malunya.  Itu juga kalau kamu masih malu…hehe…Kalau kamu masih cuek-cuek saja meski di-bully, nah, rasanya kamu memang tidak usah lulus aja, deh.

Daripada buang-buang duit, kasian ortu juga, mending menyatakan berhenti saja dari status mahasiswa dan langsung menjadi entrpereneur. Berhenti bermimpi bisa kerja di perusahaan-perusahaan berkelas karena tidak punya ijazah, tapi tentu peluang menjadi orang sukses tetap ada. Bukankah banyak pengusaha mapan di dalam dan luar negeri yang juga tidak lulus kuliah?

So, semoga tujuh jurus anti gagal ini bisa memotivasi kamu buat cepet lulus ya…Ingat, jangan menyerah. Skripsi bukanlah segala-galanya, tapi ijazah S1 kamu berawal dari skripsi.


Artikel Terkait