4 Kesalahan yang Sering Dilakuin Anak Muda dalam Masalah Keuangan

Anak Muda dan Keuangan via http://humanepursuits.com/

Di usia yang masih muda ini, mungkin banyak dari kita setuju bahwa inilah saat yang tepat untuk menikmati hidup, pergi kemana aja yang kita mau. Kalau kata bang Rhoma, masa muda itu masa yang berapi-api. Namun sayangnya, prinsip hidup seperti itu sering kali membuat kita terjebak, apa lagi dalam urusan keuangan. Tanpa kita sadari, hal berfoya-foya yang kita lakuin di masa muda lambat laun akan meninggalkan penyesalan nanti.

Anak Muda dan Keuangan via http://humanepursuits.com/
Anak Muda dan Keuangan via http://humanepursuits.com/

Oleh karena itu, penting bagi kia untuk merencanakan keuangan dari sekarang, sebab semua itu akan menjadi penting di masa depan nanti. Caranya adalah dengan merubah diri, kebiasaan negatif dalam urusan keuangan harus segera kita tinggalkan. Paling gak menjadi orang yang lebih care dengan urusan kantong, care bukan berarti pelit ya. Cuma belajar untuk mengatur keuangan itu penting bagi kita yang relatif masih muda dan lajang.

Nah, lantas apa saja kesalahan finansial yang sering kita lakuin? Kali ini kita akan mengulasnya bersama-sama. Gak usah berlama-lama lagi. Simak ulasan berikut ini ya sob!

1. Pengeluaran gak penting

Udah dijelaskan tadi bahwa masa muda itu masa yang berapi-api. Kita pengen banget memiliki apa saja tanpa memikirkan kondisi keuangan kita sendiri. Bukannya hanya itu, sering kali hal yang kita mau tersebut bukanlah yang kita butuh. Hal ini yang sering kali membuat kita melakukan pengeluaran yang gak penting. Anak muda emang agak lemah dalam menahan diri, lihat barang bagus dikit aja langsung pengen beli. Padahal belum tentu juga bakal digunain. Nah, inilah kesalahan pertama yang sering dilakuin oleh anak muda seperti kita.

2. Gak menabung

Banyak anak muda sekarang yang gak peduli dengan menabung, mereka berpikir bahwa selagi masih muda ya gunain aja kesempatan untuk melakuin dan dapatin semua yang diinginkan. Padahal menabung adalah hal yang baik dan akan mendatangkan banyak manfaat di masa depan. Belajar menabung adalah hal yang penting dilakukan, sebab kita gak pernah tahu apa yang bakal terjadi nanti, jadi apa salahnya untuk bersiap-siap bukan?

3. Pengeluaran lebih besar dari pemasukan

Besar pasak dari pada tiang, itulah peribahasa yang sering mewakili kondisi seperti ini. Pengeluaran yang lebih besar dari pada pemasukan adalah kesaahan dalam finansial yang harus kita perbaiki. Sebab penting bagi kita untuk tahu bagaimana mengatur keuangan kita. Apabila kesalahan ini terus-terusan kita lakuin, bisa-bisa ntar kita jadi bangkrut sob. Jadi, berhati-hatilah dengan pengeluaran.

4. Gak tahu bagaimana mengatur keuangan

Sebenarnya hal ini adalah inti dari semua kesalahan finansial yang kita lakuin. Agar semua hal bisa terkontrol dengan baik, maka penting bagi kita untuk paham betul bagaimana mengatur keuangan. Mulai dari menghitung pemasukan, pengeluaran apa saja yang dibutuhkan, serta tabungan. Semua itu harus bisa pahami betul agar semua hal tentang urusan finansial dapat terkontrol dengan baik.


Artikel Terkait