3 Tips Mengatur Waktu Untuk Kamu yang Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja via ttp://img.hipwee.com/

Apakah kamu adalah seorang mahasiswa yang nyambil kerja? Wah, kamu adalah orang yang luar biasa sob. Sebab gak semua orang bisa melakukan hal itu. Kebayang aja tugas kuliah yang banyaknya minta ampun, terus mesti kerja sambilan juga. Gimana membagi waktunya ya?

Kuliah sambil kerja via ttp://img.hipwee.com/
Kuliah sambil kerja via ttp://img.hipwee.com/

Banyak orang yang gagal dalam melakoni dua hal ini secara bersamaan. Ada diantaranya memilih untuk fokus saja dalam bekerja sehingga harus berhenti atau cuti kuliah. Yang lain memilih berhenti bekerja dan fokus saja dalam kuliah sehingga dapat lulus tepat waktu. Nah bicara tentang lulus tepat waktu, mungkin itulah salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa yang telat lulus, karena nyambil kerja.

Nah kali ini, redaksi ABe akan mengulas beberapa cara untuk dapat mengatur waktu dengan baik sehingga kamu bisa nyaman kuliah sekaligus kerja. Apa saja itu? Dari pada penasaran, simak ulasan berikut ya sob! Semoga bermanfaat.

1. Membuat skala prioritas

Cara pertama agar dapat melakoni dua hal dalam waktu hampir bersamaan adalah membuat skal prioritas. Kenyataannya adalah kamu akan mendapatkan banyak tugas ketika harus kuliah sambil bekerja, namun waktu yang kamu miliki tetap sama. Jadi, membuat skala prioritas adalah cara yang harus kamu lakukan. Kamu harus tahu apa yang harus dikerjaan terlebih dahulu, apakah pekerjaan atau tugas dari dosen. Dengan begitu, maka waktu yang kamu gunakan bisa lebih efektif, dan kamu tidak perlu kesulitan dalam melakoni dua hal ini secara bersamaan.

2. Diskusi dengan dosen

Ketika kamu diharuskan kuliah sambil kerja, mungkin kamu bisa membicarakannya dengan dosen pembimbing kamu atau dosen wali. Kamu bisa meminta saran yang mungkin bisa membantu kamu dalam menghadapi kuliah sambil kerja. Mungkin saja, dosen kamu akan memberi kamu kelas online ataupun jadwal kuliah yang fleksibel dengan jam kerjamu.

Paling gak dengan mendiskusikannya dengan dosen, kamu gak harus bolos kuliah saat waktu bekerja sebab dosen kamu paham mengapa kamu tidak dapat hadir ke kelas mereka.

3. Fokus

Fokus adalah kunci dalam menjalani kerja paruh waktu ketika kamu harus kuliah. Mengapa demikan? Sebab semua bisa berantakan jika kamu mencampur adukan masalah pekerjaan dan kuliah. Jadi, ketika kamu harus kuliah, maka kamu harus fokus 100% untuk kuliah. Begitu pula sebaliknya.


Artikel Terkait