Inilah 5 Cara Mudah Membedakan Batu Akik Asli dan Sintetis alias Palsu

Batu Akik via www.okenya.com

Batu akik atau batu permata memang telah menjadi sebuah fenomena tersendiri di kalangan masyarakat saat ini setidaknya dalam satu tahun terakhir ini. Jika dulu agak jarang kita temui tempat penjualan batu maka sekarang kamu bisa takjup karena di mana-mana bisa dengan mudah kamu menemukan tempat penjualan batu akik ataupun batu permata.

Batu Akik via www.okenya.com
Batu Akik via www.okenya.com

Peminatnya pun hampir dari segala kalangan. Dari orang tua hingga anak muda pun tidak mau ketinggalan dalam urusan batu akik. Bahkan tidak jarang kita temui anak-anak yang mulai mengikuti hobi baru masyarakat yang satu ini. Semua kalangan seperti telah terhipnotis akan keindahan batu akik. Luar biasa bukan?

Meningkatnya peminat akan batu akik tersendiri memunculkan yang namanya produk batu akik palsu atau sintetis. Tidak jarang hal ini dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan yang besar dari bisnis batu akik. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh para pembeli batu akik, khususnya bagi kamu yang masih pemula alias masih hijau soal batu akik. Jangan sampai kamu tertipu setelah membeli batu akik dengan harga mahal.

Oleh karena itu, kali ini redaksi ABe akan merangkum beberapa cara atau tips untuk membedakan antara batu akik asli dan sintesis alias palsu. Dilansir dari akiks.com, semoga artikel ini dapat membantu kamu agar tidak menjadi korban dari penipuan. Let’s check it out. Semoga bermanfaat!

1. Berat batu

Kamu bisa dengan mudah mengedentifikasi keaslian sebuah batu dari berat batu itu sendiri. Biasanya batu yang asli mempunyai berat yang cenderung lebih berat dibanding batu palsu. Teksturnya pun akan lebih padat jika kamu pegang.

2. Temperatur

Temperatur juga bisa menjadi parameter yang bisa kamu lihat untuk membedakan antara batu yang asli dan palsu. Batu yang asli akan memiliki temperatur yang lebih dingin dibanding batu buatan. Kamu bisa mengetesnya dengan menempelkan batu ke bagian kulit yang sensitif seperti pipi, lipatan siku tangan, atau leher.

3. Membakar bagian batu

Cara selanjutnya adalah dengan membakar bagian dari batu yang mau kamu beli tersebut. Jika batu yang kamu bakar itu tampak gosong dan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihapus maka bisa disimpulkan batu tersebut palsu. Sebab batu yang asli tidak akan meninggalkan bekas saat kamu bakar dengan api. Selain itu batu asli akan cepat menjadi dingin setelah dibakar dibanding batu palsu.

4. Membenturkan batu

Kamu bisa membedakan batu asli dan palsu dengan membeturkan dua batu yang kamu yakini sama satu sama lain. Jika saat kamu membenturkan kedua batu terjadi percikan api, maka batu tersebut adalah batu yang asli. Berbeda dengan batu yang palsu.

5. Melihat serat batu

Batu yang asli terbuat dari proses alami, di mana hal itu akan menghasilkan serat-serat batu yang tampak asli. Nah, berbeda dengan batu buatan, maka akan terlihat serat yang terlihat seperti gelembung di mana hal itu disebabkan oleh udara yang terperangkap saat pembuatan batu.

Itulah beberapa cara untuk membedakan antara batu yang asli dan palsu, semoga dengan ulasan berikut maka kamu bisa lebih berhati-hati lagi dalam membeli batu akik. Kalau bisa saat membeli, ajaklah teman atau kerabat kamu yang lebih berpengalaman masalah batu permata ataupun akik.

Artikel Terkait

Inilah 10 Batu Cincin Akik Termahal di Indonesia

3 Jenis Batu Bacan yang Sangat Populer Hingga ke Mancanegara

Batu Ruby, Salah Satu Batu Permata Paling Berharga Di Dunia


Artikel Terkait