5 Tips Mengkilapkan Batu Akik dengan Baik dan Benar

Batu Akik via http://www.randco.com/

Sebagai penggemar batu akik, apa aktivitas yang sering kamu lakukan dalam menjaga batu akikmu dalam kondisi yang baik? Pastinya kamu akan sering menggosok batu akik yang kamu punya bukan? Tujuannya adalah agar batu semakin mengkilap dan berkilau. Namun terkadang hal itu malah menjadi masalah tersendiri ketika kamu salah dalam proses mengkilapkan batu.

Batu yang kamu harap menjadi semakin mengkilap malah berubah menjadi semakin buram, bahkan timbul goresan-goresan yang merusak keindahan batu. Itu adalah beberapa contoh masalah yang biasanya timbul akibat salah dalam proses menggosok batu. Penyebabnya bisa karena hal yang lain, mungkin saja kamu telah paham bagaimana cara menggosok batu cincin dengan baik dan benar namun kamu salah dalam memilih bahan pemoles batu. Akibatnya fatal, batu akik yang awalnya cantik menawan kehilangan pesonanya.

Batu Akik via http://www.randco.com/
Batu Akik via http://www.randco.com/

Belajar dari masalah-masalah tersebut, kali ini redaksi ABe akan mengulas beberapa cara sederhana dan pastinya gampang untuk mengkilapkan batu akik yang dilansir dari berbagai sumber, semoga bermanfaat ya sob!!

1. Menggosok dengan aluminium foil

Bagi kamu yang perokok mungkin bisa memanfaatkan kertas pembungkus rokokmu sebagai bahan dalam proses mengkilapkan batu cincin (sebenarnya gak cuma untuk perokok doang sih haha). Caranya? Gampang banget sobat ABe, kamu hanya tinggal menggosok seperti halnya yang dilakukan orang pada umumnya, namun gosoklah dengan perlahan dan usahakan untuk tidak menekan batu, ntar lecet lagi.

2. Alas saat menggosok batu

Ini perlu juga kamu perhatikan dengan seksama, gak cuma bahan penggosok batu aja yang kamu perhatiin tapi media tempat batu dipoles juga perlu kamu perhatiin. Usahakan saat memegang batu, gunakan kain yang lembut agar batu tidak tergores. Bagi kamu yang tangannya kasar-kasar nih perlu banget alas yang lembut.

3. Menggunakan bambu

Selain menggunakan aluminium foil kamu juga bisa menggunakan bambu. Bambu sangat efektif dalam mengembalikan kilapan batu akik yang udah buram. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa bambu hitam sangat efekti sebagai bahan penggosok batu.

4. Daun pisang kering

Daun pisang yang udah kering dan berwarna cokelat atau yang lebih dikenal dengan sebutan klaras pisang dapat kamu gunakan sebagai bahan penggosok batu cincin yang kamu punya. Caranya dengan memilih daun pisang yang gak kasar, kemudian gosoklah dengan lembut dan perlahan.

5. Menggunakan serbuk intan

Cara yang paling baik untuk menghasilkan hasil paling sempurna adalah dengan menggunakan serbuk intan yang bisa kamu beli di toko permata. Ini adalah bahan penggosok batu akik yang paling efektif karena dapat menghasilkan batu akik yang mengkilap dan halus.


Artikel Terkait