Inilah 6 Alasan Mengapa Kita Rentan Akan Kedinginan

Pernah merasa kedinginan? Ya, jika kamu merasa kedinginan pada saat berada dalam ruangan ber-AC atau saat berada di daerah pegunungan, mungkin itu adalah hal yang wajar. Malah gak wajar jika saat itu kamu malah kepanasan ya.

Nah, jika kamu mengalami kedinginan padahal suhu ruangan biasa-biasa aja? Mungkin ada sesuatu yang salah pada tubuh kamu sob. Iya, di saat orang lain pada pake kaus singlet kamu malah make jaket tebal, pastilah ada yang nggak beres sama tubuhmu. Saatnya kamu pergi ke dokter dan memeriksakan kesehatan.

Bicara tentang kedingingan, kita akan mengulas beberapa alasan mengapa seseorang menjadi rentan kedinginan. Dilansir dari kompas.com, inilah beberapa alasan yang membuat kita mudah kedinginan. Lets check it out, semoga bermanfaat!

Kedinginan via http://blog.ideales.gr/
Kedinginan via http://blog.ideales.gr/

1. Badan terlalu kurus

Nah, menurut ilmu kesehatan, indeks massa tubuh yang dikatakan terlalu kurus adalah ketika kurang dari 18,5. Nah, hal itu jugalah yang membuat kita rentan akan kedinginan. Mengapa? Alasannya adalah dengan tubuh yang kurus, secara tidak langsung kita kekurangan lemak yang dapat menginsulasi tubuh dari suhu dingin.  Selain itu, dengan tubuh yang kurus, maka tubuh kekurangan asupan kalori yang dibutuhkan dalam proses metabolisme dan menjaga suhu tubuh.

2. Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid yang terletak pada leher ternyata memiliki hubungan dengan rentan tidaknya seseorang mengalami kedinginan. Nah, sebab jika kinerja tiroid kita terganggu maka, hormon tiroid yang dihasilkan juga akan berkurang, Dengan kurangnya asupan tiroid, maka proses metabolisme tubuh pun dapat terhambat yang otomatis tubuh akan kurang menghasilkan panas.

3. Kekurangan zat besi

Zat besi adalah mineral yang dapat membantu kinerja sel darah merah dalam proses peredaran oksigen dalam tubuh, selain itu zat besi juga membantu proses menghasilkan panas tubuh. Jika, kita kekurangan zat besi, pastinya kamu sudah tahu apa yang mungkin terjadi bukan? Iya, kinerja sel darah merahpun ikut terganggu, begitu pula proses tubuh dalam mengatur suhu tubuh.

4. Peredaran darah kurang lancar

Pasti kamu pernah mengalami ini, di saat tubuh kamu normal-normal aja, namun mengapa kaki dan tanganmu malah terasa dingin. Nah, ini terjadi karena peredaran darah yang tidak lancar sob. Yang lebih parah lagi adalah, ini juga pertanda dari gejala penyakit jantung koroner, sebab jantung tidak memompa darah dengan baik, atau mungkin ada sumbatan pada pembuluh darah.

5. Kurang tidur

Kurang tidur juga merupakan salah satu alasan mengapa kita sering kedinginan. Sebab dengan kurang tidur, maka hal itu dapat merusak sistem saraf yang mana dapat mengacaukan mekanisme otak dalam memperngaruhi suhu tubuh. Jadi, dengan kurang tidur maka aktifitas pada hipotalamus, tempat suhu tubuh di atur dapat terganggu karenanya.

6. Dehidrasi

Faktanya adalah hampir 60 persen, bagian tubuh kita itu terdiri dari air di mana air pula lah yang bertugas mengatur suhu tubuh manusia. Ya, bisa ditebak bukan apa bila kita kekurangan air alias dehidrasi? Suhu tubuh pun dapat terganggu karenanya, nah tiba-tiba pula tubuh bisa jadi rentan akan kedinginan.


Artikel Terkait