Seluk Beluk Green Card Amerika untuk Kamu yang Ingin Mendapatkannya, Gratis!

green card amerika

Salah satu program menarik dari Amerika adalah green card Amerika yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ya, program ini merupakan program U.S Permanent Resident dimana mereka yang memiliki kartu ini secara sah bisa tinggal dengan legal dan bekerja di negeri Paman Sam ini. Disebut sebagai green card karena warna fisik dari kartu ini memang berwarna hijau. Banyak orang yang ingin mendapatkan kartu ini supaya bisa menjadi imigran yang sah di sana.

Amerika sendiri menerbitkan kartu ini dengan harapan adanya variasi imigran yang terjaga di negara ini. Kebanyakan motivasi orang untuk bisa tinggal di Amerika adalah harapan kesejahteraan hidup yang lebih baik.

Sebenarnya Green Card itu Apa sih?

Program green card Amerika pada dasarnya adalah program U.S Permanent Resident. Mereka yang memiliki kartu ini berhak disebut sebagai permanent resident di negara Amerika Serikat. Permanent resident memiliki status imigrasi yang legal dan berhak untuk bekerja layaknya warga negara Amerika lainnya. Masa berlaku dari status ini bervariasi. Tentunya ini berbeda dengan status warga negara, dimana permanent resident perlu memperpanjang masa berlaku dari status keimigrasiannya.

Ini cukup bervariasi, ada yang dua tahun, tiga tahun, lima tahun atau bahkan sepuluh tahun. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 7 tahun bagi pemegang kartu permanent resident sebelum mereka memutuskan untuk mendapatkan status warga negara Amerika. Status warga negara Amerika bisa didapatkan dengan proses “naturalization”.

Jadi, Apakah Kamu bisa Punya Dua Kewarganegaraan dengan Green Card?

Jawabannya tidak. Indonesia adalah negara yang tidak mengizinkan warga negaranya untuk memiliki dua jenis kewarganegaraan (dual citizenship). Mereka yang memegang kartu hijau ini hanya memiliki status sebagai permanent resident, dimana tidak mengubah kewarganegaraan asli. Seperti telah disebutkan pada paragraf sebelumnya, dibutuhkan setidaknya 7 tahun sebelum seseorang bisa menjadi warga negara tetap Amerika.

baca juga: 56 Negara di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Visa

Nah, bila ternyata kamu ingin berganti kewarganegaraan, maka mau tidak mau kamu harus melepaskan status kewarganegaraanmu sebagai warga negara Indonesia jika ingin mengikuti program naturalisasi tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa kartu hijau ini adalah permulaan untuk mereka yang ingin menjadi warga negara Amerika. Meski demikian, kamu tetap bisa memilih menggunakan perpanjangan permanent resident bila tidak ingin mengganti kewarganegaraan asli.

Lantas, Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Hijau Ini?

Beberapa langkah bisa ditempuh untuk mendapatkan kartu hijau ini. Ada banyak orang yang melakukan pernikahan antar-bangsa supaya bisa mendapatkan kartu izin tinggal ini. Tentunya cara ini harus didasari bukan semata-mata karena untuk mendapatkan kartu izin tinggal, melainkan karena memang jodoh yang sudah menggariskan pertemuan. Namun tak perlu risau, sebab ada cara lain untuk mendapatkan green card Amerika ini dengan mengikuti program Electronic Diversity Visa Lottery atau boleh disebut lotre kartu hijau.

Program ini memang khusus dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan kartu hijau secara gratis bagi mereka yang memenangkan undian. Indonesia adalah salah satu negara yang diberikan kesempatan untuk mengikuti undian ini. Kesempatan menangnya memang boleh dibilang sangat ketat. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mengikuti undian yang untung-untung berhadiah ini.

Apa yang Terjadi Bila Kamu Memenangkan Undian Green Card Amerika

Wow! Fantastis! Itu adalah kata yang cukup representatif untuk kamu bila kamu bisa memenangkan undian tersebut. Pengumuman pemenang biasanya secara resmi akan dikeluarkan di situs resmi pemerintah Amerika Serikat. Mereka yang mendapatkan kesempatan ini juga akan dikirim surat dalam bentuk fisik langsung ke rumahnya. Jadi, jangan mudah tertipu ya dengan email yang dikirimkan ke alamat email kamu. Bisa jadi itu justru merupakan penipuan yang bisa menjebak kamu.

Nah, saat seseorang memenangkan undian ini, ada biaya yang perlu dipersiapkan untuk tinggal di Amerika Serikat. Batas terbang untuk mengurus permanent resident ini adalah sekitar 6 bulan. Saat sudah terbang ke Amerika, di sana kamu harus segera mencari pekerjaan supaya bisa bertahan hidup. Selama belum mendapatkan pekerjaan, maka kamu harus hidup dengan tabungan yang kamu miliki dulu. Kamu bisa cari tahu sendiri berapa biaya hidup yang diperlukan di Amerika. Pastikan tabunganmu cukup ya.

Keuntungan Apa yang Bisa Dimiliki dengan Green Card Amerika Ini

Seperti yang di awal sudah disebutkan, memiliki kartu ini memiliki keuntungan yang cukup bagus terutama dalam hal mendapatkan pekerjaan impian di Amerika Serikat. Mereka yang memiliki status permanent resident bisa mencari pekerjaan layaknya warga negara Amerika Serikat. Kamu tahu sendiri bagaimana budaya kerja di negara sana.

Ada banyak kesempatan bagus yang bisa didapatkan untuk mengembangkan diri dan terutama meningkatkan kesejahteraan hidup. Jangan lupa pula, kamu harus tahu budaya baru yang perlu disiapkan saat tinggal di negara Paman Sam. Yang lebih menyenangkan lagi, kamu bisa bebas keluar masuk negara ini karena kamu sudah resmi memiliki kartu hijau.

Jadi, itulah beberapa gambaran mengenai program U.S Permanent Resident yang identik dengan kartu hijau ini. Banyak orang yang memiliki cita-cita untuk bisa tinggal di negara Amerika Serikat. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak mengenai informasi untuk mendapatkan program ini supaya wawasanmu bisa semakin luas. Program ini merupakan program yang bagus untuk membuka kesempatan bagi mereka yang ingin tinggal di negara Amerika. Tidak ada salahnya memiliki status permanent resident di negara Amerika. Setidaknya dengan program green card Amerika tersebut bisa menjadi bekal yang baik untuk dibawa kembali ke negara asal untuk semakin mengembangkan negaranya sendiri.