Apa Saja yang Telah dilakukan Tubuh dalam Waktu Satu Tahun?

Fakta Unik Tubuh via sehat-dengan-semangat-pagi.blogspot.com
Fakta Unik Tubuh via sehat-dengan-semangat-pagi.blogspot.com
Fakta Unik Tubuh via sehat-dengan-semangat-pagi.blogspot.com

Sobat, kamu tahu gak bahwa tubuh yang kita miliki ini merupakan karunia yang luar biasa loh. Di dalam tubuh kita ini tersimpan banyak sekali hal luar biasa yang tidak kita ketahui. Karena ketidak ketahuan kita itulah sering kali kita menganggap sebelah mata apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Pernah gak kamu mikir, apa aja sih yang telah tubuh lakuin dalam satu tahun? Nah, kali ini kami redaksi ABe akan mengulas beberapa fakta unik dari tubuh kita. Apa aja yang telah tubuh kita lakuin dalam waktu satu tahun. Hal-hal luar biasa aja yang gak kita sadari udah dilakuin tubuh selama 365 hari. Gak usah berlama-lama lagi sob, inilah beberapa fakta unik dari tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!!!

1. Berapa jumlah urine dan air liur ?

Ternyata, kalau dihitung-hitung ni ya jumlah air seni yang udah kita keluarin selama setahun itu mencapai 135 galon. Bisa kamu bayangin gak tuh, gimana kalo kita kumpulin tuh air seni. Bisa jadi danau kali ya? ahaha Gak kalah dengan urine, ternyata air liur yang telah diproduksi selama satu tahun mencapai 91 galon. Waw, amazing!

2. Jantung berdetak, mata berkedip

Jantung adalah pusat peredaran darah yang tak pernah berhenti memompa darah ke seluruh tubuh. Pernah kah kamu menghitung berapa jumlah detakan jantung selama setahun sob? Jadi, menurut sebuah info dari World Science Festival, jantung manusia berdetak sebanyak 25 juta kali dalam setahun. Bukan hanya itu, sekarang kita beralih ke mata. Kalau jantung berdetak, maka mata pun berkedip. Jadi, mata berkedip sekitar 5.606.400 kali dalam setahun.

3. Sel tubuh yang mati

Proses matinya sel dalam tubuh disebut apopotosis dan tahu kah kamu, jumlah sel yang mati dalam waktu 365 haru yaitu sebanyak 18 hingga 25 juta sel. Nah, dari jumlah sel yang sebanyak itu diantaranya adalah sel kulit, di mana dalam satu tahun tanpa sadari kita udah kehilangan 3,6 juta sel kulit . Hilang satu tumbuh seribu, jadi jangan sedih yaa

4. Rambut dan jari memanjang

Fakta unik berikut ini adalah tentang rambut dan kuku. Dua bagian tubuh yang selalu tumbuh ini ternyata juga punya hal yang luar biasa loh, sadar atau gak dalam satu tahun rambut ternyata dapat tumbuh hingga 15 cm, sementara kuku jari kita tumbuh hingga 4 cm jika kita biarkan.

5. Buang angin dan menguap

Tahu gak kamu berapa kali kamu udah kentut atau buang angin dalam setahun? Sadar atau gak, ternyata kita bisa buang angin hingga 5.500 kali dalam setahun. Sementara itu, tanpa kita sadari kita telah menguap sebanyak 1.825 kali loh dalam 365 hari.

Itulah beberapa fakta luar biasa dari tubuh yang tanpa kita sadari telah melakukan banyak hal dalam satu tahun. Semoga informasi tadi dapat menjadi renungan buat kita agar lebih memahami dan menghargai tubuh yang telah dikaruniakan Tuhan kepada kita yaa!!


Artikel Terkait