Waw, Inilah 7 Fakta Unik nan Mencengangkan dari Academy Award aka Oscar

The Oscar via http://static.thepessimist.com/
The Oscar via http://static.thepessimist.com/
The Oscar via http://static.thepessimist.com/

Beberapa waktu yang lalu penghargaan tahunan perfilman terbesar di dunia, Academy Award  telah digelar di Dolby Theater, Hollywood dan menampilkan beberapa pemenang dari berbagai kategori. Dalam gelaran Academy Award yang ke 87 ini, film yang berjudul Birdman berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik 2014.

Perlu diketahui bahwa penghargaan Oscar sendiri pertama kali diadakan pada  16 Mei 1929 dan hingga sekarang tetap eksis menjadi salah satu parameter penilaian terhadap dunia perfilman khususnya bagi industri perfilman Amerika. Piala Oscar sendiri merupakan sebuah patung yang terbuat dari tembaga, nikel, dan perak yang kemudian dilapis dengan emas. Dibuat oleh R.S Owens Company of Chigago dan memiliki tinggi 34,3cm serta berat 3,8 kg.

Tahukah kamu bahwa ada beberapa fakta unik dari gelaran penghargaan Academy Award. Misalnya dahulu ketika perang dunia kedua berlangsung, piala Oscar dibuat dari plaster yang kemudian diganti dengan piala versi emas setelah perang dunia berakhir. Kali ini kita akan mengulas beberapa fakta unik dan mencengangkan yang mungkin belum kamu ketahui dilansir dari berbagai sumber.

1. Peraih piala Oscar terbanyak

Kamu pasti mengenal Walt Disney bukan? Iya, aktor yang juga dikenal sebagai pendiri Walt Disnet Production ini merupakan orang yang paling sukses dalam penghargaan Academy Award. Walt adalah orang yang memegang rekor meraih piala Oscar terbanyak dengan 22 piala oscar dan 2 penghargaan kehormatan. Waw, luar biasa bukan?

2. Sistem pemilihan nominasi kategori

Dalam menentukan pemenang piala Oscar dalam berbagai kategori, maka diadakan sebuah voting yang diikuti sekitar 6000 anggota akademi. Sistemnya cukup unik di mana, para aktor akan menominasikan nama sebagai nominasi aktor terbaik, begitu pula bagi sutradara, mereka juga menominasikan nama sebagai nominasi sutradara terbaik. Dan untuk film terbaik, semua anggota akademi dapat menominasikan film terbaik pilihan mereka.

3. Hanya dua orang yang tahu hasil voting

Pergelaran Academy Award sendiri biasanya digelar di awal tahun dan sebulan sebelum malam penganugerahan akan diadakan voting. Jadi, hasil voting akan dikirim pada akhir Januari yang kemudian hasilnya akan ditabulasikan seminggu sebelum malam pengumunan pemenang. Uniknya hanya dua orang saja yang mengetahui hasil voting tersebut sebelum diumumkan.

4. Penonton bayaran

Kamu pasti pernah menonton gelaran malam penganugerahan Oscar di televisi. Ruangan gelaran Oscar yang kamu lihat dari televisi pasti tampak penuh dan ramai, tampak antusias banyak orang untuk menyaksikan malam penghargaan Oscar tersebut. Namun sayangnya, ada fakta unik dibalik penuhnya bangku penonton di sana.

Ternyata di sana ada penyelenggara Oscar menyediakan penonton bayaran yang ternyata diminta untuk menduduki bangku para selebriti. Hal itu dilakukan agar bangku tidak tampak kosong jika ada selebriti yang keluar meski hanya untuk pergi ke kamar mandi. Tahukah kamu, para penonton bayaran tersebut dibayar hingga 125 dollar loh.

5. Jamuan Oscar

Malam jamuan Academy Award juga tidak lepas dari kemewahan. Tahukah kamu di malam yang hanya diadakan satu kali setahun tersebut, para tamu undangan akan disuguhi dengan 1000 lobster, 1200 tiram, 1200 botol sampanye dan 4000 cokelat yang berbentuk piala Oscar, di mana cokelat itu sendiri dibuat dengan 15 pon serbuk emas yang aman untuk dimakan.

6. Asal nama Oscar

Pasti kamu bertanya-tanya mengapa penghargaan ini dinamakan Oscar? Ada beberapa versi yang menjelaskan hal tersebut. Ada yang berkata Piala Oscar dikenal setelah seorang pustakawan Academy yang bernama Margaret Herrick melihat patung piala Oscar di atas meja dan mengatakan bahwa piala tersebut mirip seperti pamanya. Versi yang lain adalah nama Oscar pertama kali muncul setelah Bette Davis mengatakan bahwa piala Oscar mirip dengan suaminya Harmon Oscar Nelson.

7. Fresh Guacamole

Tahukah kamu bahwa dalam penghargaan Oscar durasi bukanlah parameter yang menjadi sebuah film itu layak atau tidak untuk dinominasikan dalam pergelaran Academy Award. Adalah Fresh Guancamole, sebuah film terpendek yang dinominasikan Oscar dengan panjang film hanya satu menit 38 detik. Wawww


Artikel Terkait