Saat Dilema Menentukan Jodoh, Antara Pilihan Orang Tua atau Pilihan Kamu Sendiri. Bagaimana Seharusnya Kamu Bersikap?

merenung
merenung
Merenung via http://www.huffingtonpost.com

Pernikahan adalah hal yang sakral, karena kamu dan dia saling berjanji untuk sehidup dan semati.Makanya kalau kamu mau nikah, pastikan dulu kalau memang dia yang kamu mau dan kamu sudah yakin bahwa dialah jodoh yang diberikan Tuhan. Tapi, kalau setelah nikah kalian nggak cocok gimana? Ya, emang sih ada yang namanya CERAI, tapi kan lebih baik kalau kamu setia sama satu orang, lagian Tuhan juga membenci yang namanya perceraian apalagi jika kalian sudah memiliki anak.

Tapi, gimana kalau kamu dilema menentukan pasangan atau jodoh kamu? Kamu ingin si dia, tapi orang tua udah berniat menjodohkan kamu sama orang lain, kamu harus gimana? Saat dilema menentukan jodoh, antara pilihan orang tua atau pilihan kamu sendiri, bagaimana kamu harus bersikap?

Semua yang ada di dunia ini pasti punya efek yang positif dan negatif. Bahkan hal yang baik pun punya efek positif dan negatif. Contohnya kalau kamu beramal, positifnya kamu dapat pahala, dan negatifnya duit di dompet semakin berkurang. Meski Tuhan akan mengganti uang yang kamu masukkan sepuluh kali lipat, tapi tetap aja uang kamu berkurang, itu logikanya kan? Efek negatif dan positif juga ada dalam hal jodoh yang dipilih orang tuamu atau pilihan kamu sendiri.

Kalau kamu menuruti kata orang tua, banyak hal positif yang terjadi seperti :

1.    Direstui orang tua sampai akhir hayat. Tahu nggak, ada hadist yang artinya gini “ridho Allah terletak pada ridho kedua orang tua, dan murka Allah terletak pada murka kedua orang tua”.

2.    Kemesraan antara orang tua kamu dan besan mudah terjalin karena mereka pasti udah kenal lama. Ingat ya, kemesraan antara mereka itu juga penting, kalau orang tua dan besan udah bertengkar pasti ujung-ujungnya kata “cerai” yang terlontar.

3.    Kalau ada hubungan bisnis antara orang tua dan besan, maka perjodohan kamu akan membawa berkah. Kalau bisnis keluarga jadi maju, masa depan kamu otomatis akan cerah.

Hal positif kalau kamu memilih jodohmu sendiri :

1.    Kamu udah tahu baik buruknya dia, jadinya akan lebih gampang buat kamu untuk menyesuaikan diri saat hidup bersama dengannya.

2.    Karena kamu udah tahu tentang dia, maka kecil kemungkinan kalian akan sering bertengkar.

3.    Kalau keluarga kamu dan keluarganya nggak saling kenal, maka otomatis kalian akan saling mengenalkan keluarga satu sama lain. Dalam islam, memanjangkan tali silaturrahim adalah hal yang dituntut.

Nah, udah tahu kan positifnya dari pilihan orang tua dan pilihanmu? Kamu tinggal memutuskan mana yang terbaik buat kamu. Kalau masih bingung, coba minta sama Tuhan, minta sama Allah. Kamu berdo’a, sholat istikharah buat minta petunjuk dari Allah, dan setelah semua usaha yang telah kamu lakukan, bismillah… tentukan pilihanmu dan bertawakallah!


Artikel Terkait