Inilah 7 Khasiat Luar Biasa dari Buah Alpukat

Buah Alpukat
Buah Alpukat
Avocado via http://cdn.klimg.com/

Siapa yang tidak mengenal buah Alpukat, buah yang sering kali menjadi pilihan pertama saat ingin meminum jus ini sangat dikenal oleh banyak kalangan. Dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai alpukat dan jarang sekali ditemui orang yang tidak menyukai buah yang dagingnya berwarna hijau muda ini.

Menurut perkembangannya, buah Alpukat berasal dari Amerika Tengah. Nama avocado sendiri berasal dari bahasa Aztec yakni ahuacatl. Buah alpukat sendiri dikenal dengan buah yang lengkap akan nutrisi baik itu lemak, serat, protein, vitamin, karbohidrat dan lain sebagainya. Tidak salah banyak kalangan mengatakan alpukat sebagai buah yang sempurna.

Hampir lengkapnya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat menjadikannya salah satu buah yang kaya dengan manfaat bagi kesehatan manusia tentunya. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas beberapa manfaat dan khasiat buah alpukat seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Menurunkan kolesterol

Masalah kolesterol kerap kali menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia apalagi di zaman sekarang ini. Banyaknya makanan tidak sehat menjadikan kita rentan oleh kolesterol LDL atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat. Alpukat ternyata mempunyai khasiat untuk menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mencegah meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh bisa memanfaatkan alpukat dengan mengonsumsinya secara rutin.

2. Tekanan darah

Dalam buah alpukat terkandung zat yang bernama potasium dan tahukah kamu bahwa potasium itu sendiri dapat membantu menurunkan tekanan darah kita. Nah bagi kamu yang tekanan darahnya tidak stabil, mungkin bertekanan darah rendah atau tinggi bisa mengonsumsi alpukat agar tekanan darah menjadi stabil.

3. Mengontrol gula darah

Penyakit gula atau diabetes menjadi masalah besar bagi kehidupan kita. Diabetes itu sendiri terjadi ketika kadar glukosa dalam darah cenderung tinggi dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Nah, alpukat ternyata mengandung lemak tak jenuh yang berfungsi semacam resitensi insulin. Hal inilah yang membuat alpukat dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengontrol kadar gula dalam darah kita.

4. Melindungi dari kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, hal itu terjadi karena sampai sekarang belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat menghentikan perkembangan sel kanker yang berbahaya bagi kita.  Namun, beberapa waktu yang lalu dilakukan sebuah penelitian terhadap hewan. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak buah alpukat dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, kanker prostat, dan kanker kulit.

5. Mencegah peradangan

Buah alpukat memang memiliki beberapa kandungan nutrisi dan vitamin seperti pitesterol, vitamin E, dan vitamin C. Hal inilah yang membuat alpukat dapat dimanfaatkan untuk pencegahan terhadap timbulnya peradangan pada tubuh, khususnya peradangan yang terjadi pada sendi-sendi tulang.

6. Meningkatkan berat badan

bagi kamu yang mempunyai masalah dengan berat badan seperti terlalu kurus, mungkin mengonsumsi alpukat bisa menjadi salah satu opsi yang dipilih. Kandungan kalori yang cukup banyak dapat kamu manfaatkan untuk menaikan berat badan mu. Selain itu ternyata alpukat bisa juga menjadi alternatif untuk diet sehat bagi yang punya masalah kelebihan berat badan.

7. Menyehatkan kulit dan rambut

Selain berbagai khasiat di atas, ternyata alpukat sendiri bisa digunakan untuk kosmetik. Ekstrak buah alpukat yang berupa minyak alami ternyata bermanfaat sebagai pelembab kulit dan dapat pula digunakan sebagai pembersih rambut. Selain itu, kandungan vitamin E pada alpukat juga dapat melindungi kulitmu dari bahaya radiasi cahaya matahari.


Artikel Terkait