Mangga, Buah yang Nikmat dengan Berbagai Manfaat

Mangga via jendelasehatq.blogspot.com
Mangga via jendelasehatq.blogspot.com
Mangga via jendelasehatq.blogspot.com

Pasti kamu sudah mengenal buah yang satu ini, buah mangga merupakan buah yang menjadi kegemaran banyak orang dengan rasa yang manis dan asam. Menurut sejarahnya, pertama kali buah mangga ditemukan di India dan Myammar. Kemudian buah mangga berkembang dan tersebar ke pelosok dunia, termasuk Indonesia.

Di indonesia sendiri, kita bisa dengan mudah menemukan buah mangga apalagi ketika musim panen. Selain dikonsumsi saat matang, buah mangga muda juga nikmat dikonsumsi sebagai rujak.Ternyata dibalik nikmatnya buah mangga, terdapat banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh.

Di dalam daging buahnya terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, B6. Selain itu buah mangga juga mengandung banyak nutrisi seperti tembaga, kalium, magnesium, serat, tiamin dan lain sebagainya. Hal itulah yang membuat mangga menjadi salah satu buah yang penuh manfaat. Oleh karena itu, kali ini kita akan mengulas beberapa manfaat dari buah mangga apabila dikonsumsi secara teratur dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pencegah kanker

Kanker adalah sebuah ancaman besar bagi kita, bahkan sampai sekarang belum ditemukan obat atau vaksin yang mampu menyembuhkan penderita kanker. Namun kita masih bisa mencegah terjadinya gejala-gejala kanker yang salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah mangga.

Percaya atau tidak, buah yang nikmat ini mengandung berbagai senyawa yang dapat mencegah kanker payudara, kanker usus besar serta kanker prostat. Senyawa yang terkandung dalam buah yang satu ini diantaranya adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Di zaman sekarang, kolesterol yang tinggi menjadi ancaman besar bagi kesehatan tubuh manusia. Ternyata buah mangga juga efektif untuk menurunkan kolesterol khususnya koresterol yang berbahaya bagi tubuh. Kondungan pectin, vitamin C dan serat yang tinggi menjadikan buah mangga sebagai salah satu menu alami untuk pencegah kolesterol.

3. Vitamin A untuk mata

Selain itu mangga pun memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Hal inilah yang membuat mangga menjadi salah satu buah yang baik bagi kesehatan mata kita. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengonsumsi mangga agar kamu dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu dengan mengonsumsi mangga, mata kamu akan terlindungi dari kekeringan.

4. Mempelancar pencernaan

Kamu ada masalah dengan pencernaan? Buang air yang susah? Tenang, kamu bisa mengonsumsi mangaa untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Kandungan serat alami atau fiber dalam buah mangga lah yang berfungsi untuk menjaga pencernaan mu dari masalah-masalah tersebut.

5. Meningkatkan gairah sex

Nah, yang satu ini berguna bagi kamu yang sudah menikah. Ternyata kandungan vitamin E yang terdapat dalam daging buah yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah sex kamu. Jadi bagi kamu yang telah mempunyai pasangan, jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang nikmat ini.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pasti kamu menginginkan tubuh sehat dan tahan dari penyakit. Nah, oleh karena itu, mulai lah untuk mengonsumsi mangga secara rutin. Sebab, buah yang satu ini banyak mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, dan karotenoid yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap prima.


Artikel Terkait