Hati-hati Ternyata Minum Air Putih Belebihan Juga Tidak Baik Bagi Kesehatan

minum air putih
minum air putih
Minum Air Putih via http://life.viva.co.id/

Untuk membiasakan hidup yang sehat, seringkali dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 6 sampai 8 gelar air tiap harinya. Jumlah tersebut memang dirasa pas untuk menggantikan cairan tubuh yang sudah hilang karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh manusia dan adanya proses regenerasi pada tubuh. Namun perlu kamu ketahui juga sob, seseorang yang memaksakan dirinya untuk selalu minum air putih justru bisa membahayakan dirinya sendiri.

Dilansir dari vemale.com, Profesor Mark White mengungkapkan alasan seseorang ingin minum air putih yang berlebih lantaran orang tersebut ingin tetap sehat. Walaupun ingin sehat tapi sesuatunya berlebih justru menimbulkan tidak baik bagi kesehatan. Mau tahu, apa saja penyebab seseorang bila mengonsumsi air putih secara berlebihan. Yuk ikuti terus informasi ini selengkapnya.

Munculnya Keringat yang Terlalu Banyak

Menurut Profesor Whiteley yang juga seorang yang ahli dalam hiperhidrosis menyatakan bahwa jika seseorang minum air putih berlebihan justru akan menyebabkan masalah pada keringat yang terlalu banyak. Ketika tubuh tidak lagi memerlukan suatu cairan tetapi memasukkan kembali cairan secara berlebih, maka tubuh akan merespon untuk membuangnya, salah satunya ialah munculnya keringat. Hal ini justru sangat menggangu pada aktivitas seseorang.

Umumnya pada malam hari, rutinitas orang ialah tidur. Tidur di malam hari merupakan rutinitas penting untuk memperbaiki kondisi tubuh dari dalam. Memang minum air putih sangat dianjurkan sebelum waktu tidur dikarenakan tubuh sering mengalami kehilangan cairan pada saat orang tersebut terbangun dari tidurnya. Namun minum air putih dengan cara berlebihan di saat waktu menjelang tidur justru dapat menimbulkan efek insomnia dan membuat kamu berkali-kali terbangun untuk segera buang air kecil ke toilet. Profesor Whiteley menganjurkan untuk selalu minum air putih secukupnya saja, yaitu dua atau tiga gelas air putih sebelum tidur.

Keracunan

Kalau dilihat air putih terkesan tidak berbahaya, namun bisa sangat berbahaya dan mematikan bila mengonsumsi air berlebih. Sekitar tahun 2008, Jacqueline Henson, wanita yang berumur 40 tahun melakukan suatu program untuk melakukan penurunan berat badan. Dia mengonsumsi air putih hingga empat liter air dalam kian waktu beberapa jam saja. Overdosis tersebut membuat kondisi Jacqueline meninggal. Jacqueline meninggal disebabkan karena keseimbangan darah serta mineral dalam tubuh tidak seimbang.

Biasakan Minum Air Putih Secara Proporsional

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang sangat berbeda-beda. Jika waktu kegiatan kamu santai, maka 6-8 gelas air sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Namun, jika kamu memiliki aktivitas yang berat, tambahkan juga jumlahnya. Cara yang paling mudah ialah mengenali kebutuhan cairan dari tubuh kamu. Jika tubuh kamu memang merasa haus, maka itulah tanda waktunya untuk mengonsumsi air putih.


Artikel Terkait