Membanggakan, Ini Dia 7 Animator Asal Indonesia yang Mendunia

Andre Surya

Umumnya film animasi kartun yang paling banyak adalah karya dari Hollywood dan negara Jepang. Banyak studio animasi beragam disana, sebut saja studio yang terkenal Walt Disney Animation dan Pixar Animation. Namun beragamnya animasi luar, terselip sebagian animator dari Indonesia yang keren, dan mampu berkompetisi di level Internasional. Sobat ABe pasti penasaran kan siapa aja sih animator Indonesia yang tembus di level Internasional. Mau tahu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rini Sugianto

rini sugianto
Rini Sugianto via http://www.republika.co.id/

Animator bernama Rini Sugianto berhasil menembus dunia perfilman Hollywood. Rini, seorang lulusan S2 dari Academy of Art di San Francisco, California, yang sekarang ini bekerja juga sebagai animator di Perusahaan WETA digital di Negara Selandia Baru. Beberapa waktu terkahir turut mengerjakan film “The Adventures of Tintin”. Dalam film ini, Rini berperan sebagai salah satu animatornya. Rini juga mengerjakan animasi untuk film Hollywood yang lain. Film itu ialah The Avengers. Wow keren banget ya!

2. Griselda Sastrawinata

Griselda Sastrawinata via http://www.animationxpress.com/
Griselda Sastrawinata via http://www.animationxpress.com/

Adalah seorang animator asal negara Indonesia yang kini tinggal di California, Amerika. Ia pernah bekerja untuk studio animasi popular Dreamwork. Perusahaan film animasi inilah yang telah menghasilkan beragam film popular seperti Monster Aliens, Madagascar, Kungfu Panda, dan masih banyak film popular yang lainnya.

3. Andre Surya

Andre Surya
Andre Surya via www.selasar.com

Ia pernah bernaung di divisi Industrial Light and Magic (ILM Lucasfilm Singapore. Apa itu Lucasfilm? Lucasfilm ialah salah satu perusahaan produksi yang tersukses di dunia, yang didirikan pada tahun 1971 oleh sutrada Star Wars, George Lucas.

Andre Surya memulainya pada film Iron Man. Kemudian, ia ikut serta dalam penggarapan beberapa judul film diantaranya Star Trek, Iron Man 2, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Terminator Salvation.

4. Christiawan Lie

Christiawan Lie
Christiawan Lie via http://asrul.blogdetik.com/

Ialah salah satu pekerja dibalik layar film popular. Sebut saja film Transformer 3 dan Gi Joe. Bukan hanya itu saja ia juga pernah menjalankan beberapa proyek seperti film Lord of the Rings dan Starwars.

5. Marsha Chikita Fawzi

Marsha Chikita Fawzi
Marsha Chikita Fawzi via http://miss-bellafawzi.blogspot.com/

Kalian pastinya tahu dong sama kartun anak-anak Malaysia Upin & Ipin? Marsha Chikita Fawzi atau yang akrab disapa kiki mempunyai kiprah debut didalamnya. Ia merupakan putri bungsu dari pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque. Marsha yang awalnya hanya ingin berkuliah jurusan seni murni di ITB namun ditentang oleh orang tuanya, hingga ia pun pindah ke Multimedia University di Malaysia.

Saat ini Kiki telah kembali ke Indonesia untuk membuat perusahaan animasi. Ia mengharapkan bahwa Indonesia akan punya Intellectual Properti (IP) yang cinta pada tanah air seperti negara tetangganya, Malaysia karya Las’Copague Production.

6. Wirawinata

Wira Winata
Wira Winata via http://teknologi.inilah.com/

Lulusan Nanyang Polytechnic dari Singapura serta Art Centre Collage of Design yang awalnya hanya untuk menyelesaiakan film animasi yang berjudul The Little Red Plane yang merupakan final project untuk kelulusan di Art Center tersebut. Siapa sangka, saat ini dengan perusahaan yang didirikannya yaitu Shadedbox, ia bisa merambah ke dunia Internasional.

7. Pamela Halomoan

pamela holomoan
Pamela Holomoan via http://kepoan.com/

Karya Pamela kini sudah banyak dinikmati oleh orang-orang di Singapura, Turki, dan Amerika. Pamela membuat karakter Wolly, babi lucu yang langsung menarik perhatian pengunjung pada waktu dipamerkan di Game Toy Comic, Singapura.

Itulah ulasan mengenai 7 animator Indonesia yang mendunia. Semoga artikel ABe kali ini dapat menambah wawasan kamu semua ya 🙂 .


Artikel Terkait