Bagi Kamu yang Jarang Mandi, Tenang! Keseringan Mandi Malah Gak Baik Lho…

o-WOMAN-IN-SHOWER-facebook
Mandi via http://img.ehowcdn.com/
Mandi via http://img.ehowcdn.com/

Mandi adalah kegiatan yang kita lakukan setiap hari untuk membersihkan badan setelah melakukan aktivitas maupun memulai aktivitas. Pada umumnya mandi dilakukan pada dua kali sehari pada pagi hari dan sore hari. Nah, mengapa orang-orang perpandangan bahwa kebiasaan mandi yang baik dilakukan 2-3 hari sehari? Padahal kenyataannya ada beberapa pandangan lain di dunia yang mengatakan bahwa terlalu sering mandi malah tidak baik. Jadi seberapa sering kita harus mandi? Sekali sehari? Dua kali sehari? Tiga kali sehari? Atau bahkan tiga kali seminggu? Oke, kita akan membahasnya bersama untuk menemukan jawabannya.

1. Fakta kebiasaan mandi paling umum

Kebiasaan mandi yang paling umum dan diterapkan oleh orang berbagai belahan dunia adalah mandi sekali dalam sehari. Hal ini ditemukan oleh sebuah studi pada tahun 2009 yag dilakukan oleh AOL. Mereka menemukan bahwa 65 persen orang di dunia mandi sekali dalam sehari, dan sisanya yaitu 35 persen melakukan kebiasaan mandi dengan beragam. Mulai dari yang mandi 2-3 kali sehari, 3 kali seminggu, bahkan ada yang hanya sekali dalam seminggu. Sebagaimana dapat juga terlihat di forum diskusi wordreference. Jadi kalian termasuk yang mana?

Dari fakta yang ditemukan tersebut, timbul pertanyaaan, apakah dengan mandi setiap hari merupakan kebiasaan yang benar-benar baik?

2.  Mandi terlalu sering, baik kah?

Kebanyakan orang mengatakan bahwa orang yang mandi adalah orang yang jorok dan tidak sehat. Namun ternyata di balik itu semua, apakah dengan sering mandi itu baik bagi kita? Dan ternyata, terdapat dampak negatif bagi kamu yang keseringan mandi. Beberapa dokter kulit dan rambut menemukan bahwa keseringan mandi apalagi menggunakan shampo dan sabun malah berdampak yang tidak baik. Nah kok bisa begitu? Ini ada sedikit penjelasannya.

Pertama pada kulit, jadi gini, pada kulit kita ada bakteri yang kita golongkan dalam bakteri baik dan bermanfaat bagi kesehatan kulit kita. Bakteri baik ini membantu sel-sel kulit untuk membentuk yang namanya antibiotik utnuk melawan bakteri jahat. Nah, jika kita keseringan menggunakan shampo dan sabun malah bisa menghilangkan keberadaan bakteri baik pada kulit kita. Dampaknya bagi kulit sih, kita akan rentan dengan infeksi dan gatal-gatal, selain itu kulit kita menjadi lebih cepat kering dan keriput.

Kedua pada rambut, sebenarnya hampir sama dengan kulit. Jadi rambut kita ini terdiri juga dengan serabut yang apabila sering dicuci apalagi dengan shampo yang berlebihan malah akan merusak serabut tersebut.

3. Jadi seberapa seringkah kita harus mandi

Oke sekarang kita kembali ke pertanyaan pertama tadi, jadi seberapa sering sebaiknya kita mandi? Sebenarnya jawabannya relatif dengan keadaan kita sendiri sih. Banyak faktor yang perlu diperhatikan, misalnya aja pekerjaan kita mengharuskan kita untuk membersihkan diri lebih sering, atau tipe kulit dan rambut kita, atau bahkan cuaca. Jadi terlepas dari cuaca, lingkungan, aktivitas, keringat, bau badan, dan lain-lain. Paling aman adalah mandi sekali dalam sehari.

Hal yang sebenarnya harus diperhatikan adalah masalah sabun dan shampo yang kita gunakan. Dr. Sanjay Jain, seorang penulis dari buku “Optimal Living 360” mengatakan bahwa dalam sejarah orang-orang tedahulu hanya mandi menggunakan air saja dan itu terbukti efektif dengan jangka hidup mereka yang relatif panjang. Jadi, gunakanlah shampo dan sabun sabagai kebutuhan bukan kebiasaan. Maksudnya, jika kamu merasa rambut kamu udah terlalu kotor dan berminyak, serta bau maka gunakanlah shampo. Begitu juga dalam penggunaan sabun pada tubuh.

Namun semua itu balik lagi ke faktor-faktor yang udah dijelaskan di atas. Semua itu tergantung kepada keadaan kamu, tergantung bagaimana aktivitas kamu, tipe kulit kamu, dan lingkungan kamu.

4. Terus apa hal yang paling penting

Jadi dari semua ulasan di atas ada satu bagian tubuh yang paling penting yang harus selalu kamu cuci setiap hari bahkan harus sering kamu cuci, yaitu kedua tangan kamu. Karena hampir semua kegiatan yang kita lakukan pasti menggunakan tangan dan kita tidak pernah tahu seberapa kotor benda yang udah kita sentuh setiap hari. Apa lagi kalau mau makan? Ini sifatnya udah wajib!!!

Seorang professor virologi dari Queen Mary’s Schoold of Medicine and Dentistry, John Oxford yang dilansir dari  Daily Mail mengatakan: “Selama orang-orang memperhatikan kebersihan tangan dan bagian bawah tubuh mereka, maka mandi 1 kali selama beberapa hari tidak ada salahnya.”


Artikel Terkait