Tak Hanya Indah, Berikut Fakta Unik dari Warna yang Harus Kamu Ketahui

Warna via http://blog.sribu.com/

Membicarakan sesuatu yang indah tidak lengkap jika kita tidak membicarakan warna. Ada merah, hijau, kuning, biru, coklat, dan lainnya yang melengkapi hidup kita. Warna adalah karunia Tuhan yang diberikan sebagai salah satu bentuk keindahan di dunia ini. Tidak bisa kita bayangkan bagaimana kita melihat dunia jika Tuhan tidak menciptakan warna.

Warna via http://blog.sribu.com/
Colour of Life via www.blog.sribu.com

Tidak hanya berfungsi sebagai bentuk keindahan saja, namun ternyata warna juga menyimpan banyak rahasia. Berikut beberapa fakta dari warna yang perlu kalian tahu, dirangkum oleh redaksi ABe dari berbagai sumber.

1. Wanita ternyata lebih peka terhadap warna merah

Tahukah kamu bahwa wanita lebih peka terhadap warna merah dibanding pria. Dikutip dari situs Listverse, wanita lebih cermat dalam mengidentifikasi spektrum merah. Dengan begitu, seorang wanita lebih mudah membedakan berbagai jenis merah, seperti merah hati, merah darah, merah jingga, merah marun, dan lain-lain. Sedangkan para pria kebanyakan hanya mengenal berbagai nuansa  merah dengan kata merah saja.

Ternyata ada penjelasan ilmiah yang menyebabkan hal ini terjadi. Itu disebabkan karena perbedaan kromosom antara pria dan wanita. Kromosom X yang dimiliki wanita membuat mereka menjadi lebih peka di banding pria.

2. Chromophobia

Phobia adalah rasa ketakutan seseorang yang berlebih terhadap suatu hal seperti benda, situasi, dan lain-lain. Nah ternyata, ada juga loh phobia terhadap warna, istilahnya lebih dikenal dengan Chromophobia. Orang yang memiliki Chromophobia biasanya memiliki rasa takut berlebihan terhadap warna tententu.

3. Warna berpengaruh pada kondisi psikis

Dalam dunia Psikologi, warna dapat memberikan efek psikologis terhadap manusia. Bahkan ada ilmu yang mempelajari tentang warna sebagai penentu perilaku manusia, Colour Psychology. Warna juga dikenal sebagai salah satu bentuk pengobatan penyakit psikologis, terapi ini diskenal sebagai Chromotherapi.

Contohnya merah muda dipercaya dapat menenangkan pikiran, kuning bisa membangkitkan rasa lapar, hijau menunjukkan keseimbangan dan lain-lain.

4. Pola warna dalam musik

Percaya kah kalian jika ada seseorang yang mampu melihat warna dalam suara? Pharrel Williams, Mary J Blige, Stevie Wonder, Billy Joel, dan Tori Amos adalah beberapa musisi terkenal dunia yang mampu melihat warna dalam musik yang mereka mainkan. Kondisi tersebut dikenal dalam dunia kesehatan sebagai Sinestesia.

Sinestesia adalah kondisi di mana seseorang memiliki kemampuan mengeskpresikan indera terhadap stimulus suatu benda namun juga diikuti dengan indera yang lain. Misalnya, seseorang yang menderita sinestesia dapat mengecap benda, dapat mendengar warna, dan lain-lain.

5. Merah dan kuning populer untuk fast food

Pernahkan kamu menyadari bahwa sebagian bedar perusahaan fast food di dunia memilih warna kuning atau merah dalam mendesain logo mereka? Sebuah survei yang diadakan oleh situs Small Business Trends mendapatkan fakta bahwa warna merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan popularitas suatu produk. Ditemukan bahwa sebanyak 84,7% konsumen tertarik membeli suatu produk dikarenakan faktor warna.

Nah, kamu tahu kan bahwa di dunia psikologi, kuning dapat membangkitkan nafsu makan seseorang. Sementara itu  merah adalah sangat mencolok di mata. Oleh karena itu, untuk menarik konsumen, perusahaan fast food memilih  merah dan kuning dalam mendesain logo.


Artikel Terkait