Pelajarilah 5 Faktor Kegagalan Ini Sebelum Kamu Memulai Bisnis Usaha

Entrepreneur via www.resolutiontweet.com
Setiap orang yang terjun ke dunia bisnis pasti menginginkan bisnisnya berjalan dengan baik dan meraih kesuksesan. Namun tidak selamanya perjalanan di dunia bisnis berjalan dengan lancar. Pasti akan muncul kendala dan rintangan yang menghampiri kita. Jika tidak siap dengan hal itu maka bisa saja bisnis yang sudah kita bangun malah menemui kegagalan bahkan bangkrut.

the-entrepreneur
Entrepreneur via www.resolutiontweet.com
Oleh karena itu, untuk mempersiapkan kemungkinan yang tidak kita inginkan dalam menjalani usaha maupun bisnis. Ada baiknya kita mengetahui faktor-faktor yang bisa membuat bisnis gagal.
Berikut redaksi ABe merangkum beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan dalam menjalani usaha maupun bisnis.

1. Tidak kompeten dalam manajerial

Ini adalah faktor pertama yang sering membuat sebuah bisnis malah berujung kegagalan. Rendahnya kemampuan manajerial dalam mengelola usaha membuat usaha kita tidak dapat berjalan dengan lancar karena keterampilan manajerial adalah kemampuan pokok yang harus dimiliki dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis. Keterampilan manajerial meliputi banyak hal seperti perencanaan, commanding, controlling, organizing, actuating, serta kemampuan menyelesaikan masalah yang muncul.

2. Tidak mantap dalam menyusun strategi

Menyusun strategi sebelum melaksanakan sebuah usaha bisnis adalah sebuah hal yang harus dilakukan dan dipikirkan dengan matang. Strategi-strategi bisnis yang mesti kita pikirkan meliputi seperti dalam hal promosi, lokasi, objek usaha, dan lain-lain. Selain itu dalam penyusunan strategi sebaiknya dilakukan survey terlebih dahulu agar kita bisa menentukan bagaimana strategi yang bisa sebaiknya kita lakukan.

3. Kurangnya pengawasan terhadap hal-hal kecil

Kadang kala saat bisnis sudah mulai berjalan kita mulai melupakan detail-detail kecil yang sebenarnya menentukan keberjalanan bisnis yang kita ke depannya. Pengawasan terhadap hal-hal kecil ini  berkaitan erat dengan efisiensi dan efektifitas dalam menjalani usaha. Oleh karena itu jangan sampai kita mengurangi pengawasan bahkan melupakan detail kecil karena hal ini bisa saja menjadi penentu lancarnya usaha yang kita lewati.

4. Tidak fokus dan kurang bersungguh-sungguh

Dalam menjalani usaha atau usaha dibutuhkan konsistensi dan kemamuan keras, karena banyak hal di luar sana yang mungkin bisa mengurungkan niatan kita. Banyak hal yang juga bisa membuat kita jadi tiidak bersemangat. Mungkin saja bisnis yang kita jalani kurang diminati oleh masyarakat, nah hal ini membutuhkan kesabaran lebih dalam kadang kala malah meruntuhkan motivasi kita. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha atau bisnis, niatkan dalam hati bersungguh-sungguh dalam bekerja.

5. Tidak ada dana cadangan

Ini adalah hal yang perlu diperhatikan juga dalam memulai dan menjalani bisnis atau usaha. Mungkin saja dalam menjalani sebuah bisnis kamu akan ditempatkan dalam situasi sulit yang mungkin bisa membuat bisnis kamu gagal. Nah, untuk menghadapi itu semua kamu harus memiliki dana cadangan yang diperlukan jika sewaktu-waktu usaha yang kamu geluti terancam kegagalan.


Artikel Terkait