Masih Mahasiswa dan Butuh Penghasilan Tambahan? Ini Beberapa Pilihan yang Bisa Kalian Ambil

kerja-sampingan

Menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi adalah sebuah kebanggaan sendiri bagi para pemuda-pemudi. Dapat meraih kesempatan belajar di jenjang yang lebih tinggi terkadang mengharuskan sebagian mahasiswa mengeluarkan biaya yang tidak murah. Untuk mereka yang berasal dari kalangan berada mungkin tidak menjadi sebuah beban yang berarti. Namun bagaimana bagi mereka yang berasal dari kalangan kurang mampu ?

Mahasiswa
PartTime via www.workshared.wordpress.com

Memiliki usaha sampingan atau pekerjaan sampingan adalah salah satu jawaban untuk mengatasi keadaan tersebut. Menjadi pekerja parttime atau freelancer adalah salah satu contoh usaha sampingan yang dapat membantu. Selain itu, dengan berkerja paruh waktu sambil kuliah, kita juga akan mendapatkan pengalaman berbeda di samping penghasilan tambahan tentunya. Inilah beberapa usaha maupun pekerjaan sampingan yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mungkin membutuhkan.

1. Guru Privat

Menjadi guru privat adalah salah satu pilihan bagi kamu yang membutuhkan pekerjaan sampingan. Hal ini menjadi sangat menyenangkan dan pastinya bermanfaat bukan hanya bagi kamu, melainkan juga bagi anak didik mu. Untuk menjadi guru privat kamu bisa bergabung dengan lembaga privat yang sering kali membuka lowongan mengajar bagi para mahasiswa. Kebanyakan lembaga privat tersebut membutuhkan tenaga pengajar untuk mengajar siswa SMA, SMP, maupun SD.

2. Pelayan/Waitress

Pelayan atau yang dikenal dengan waitress merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang membutuhkan. Contohnya adalah menjadi pelayan di rumah makan cepat saji dan restoran-restoran. Dengan menjadi pelayan, kamu bisa mengambil shif sore atau malam, tergantung dengan jadwal kuliah kamu.

3. Freelancer

Salah satu pilihan pekerjaaan sampingan yang tidak membutuhkan kamu untuk keluar dari kosan maupun rumah. Sekarang banyak pilihan freelancer yang mungkin bisa kamu pilih sesuai dengan kompetensi diri kamu masing-masing. Contohnya menjadi penulis artikel, web developer atau programmer freelancer, dan lain-lain. Untuk menjadi freelancer seperti ini yang kamu butuhkan adalah sebuah laptop, sambungan internet, dan software penunjang lainnya.

4. Asisten Dosen

Nah, buat kamu yang memiliki IPK yang cukup tinggi di perkuliahan mungkin menjadi asisten dosen adalah salah satu pilihan yang bisa kamu ambil untuk menambah penghasilan sekaligus menambah ilmu. Jadi buat kamu yang berminat menjadi Asdos, sering-sering lah melihat papan pengumuman karena para dosen sering kali membutuhkan asisten untuk membantu mereka.

5. Online Marketing

Untuk yang satu ini diperuntukan bagi kamu yang memiliki jiwa entrepreneur. Online marketing adalah alternatif bagi kamu yang ingin menjual barang-barang tertentu atau pun produk buatan kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain-lain sebagai media promosi dan jual beli produk kamu.

6. Blogger/Youtuber

Nah buat yang satu ini, kamu membutuhkan kesabaran dan kerja keras esktra untuk meraih penghasilan, terlebih bagi kamu yang masih pemula. Jika ada yang bertanya dari mana uang dapat dihasilkan lewat blog atau youtube, jawabannya adalah dari iklan yang terpampang di blog dan channel youtube kalian. Belum sampai di situ, kamu juga membutuhkan visitors agar dapat menghasilkan uang. Caranya ? Ya, kamu harus memposting konten-konten yang fresh dan menarik agar dapat menarik pengunjung.

Itulah beberapa pilihan pekerjaan maupun usaha sampingan yang bisa kamu pilih sebagai penambah penghasilan kamu di kala masih berkutat dengan dunia perkuliahan. Selamat mencoba dan sukses buat kita semua !


Artikel Terkait