Alan Turing, Bapak Komputer yang Terlupakan

Alan Turing

Komputer sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat kala ini. Pengaruh globalisasi sejalan dengan perkembangan komputer yang begitu cepat dari masa ke masa. Bahkan setiap tahunnya selalu ada inovasi baru bermunculan. Tapi, tahu kah kalian siapa orang pertama yang berpikir untuk menggunakan komputer dalam kehidupan manusia? Yah, dia adalah Alan Turing, seorang peneliti asal Inggris yang dikenal jenius dalam bidang matematika.

Alan panggilan akrabnya lahir di Male Vale, London pada 23 Juni 1912. Saat berusia 14 tahun, Alan muda mengayuh sepeda sejauh 97 km untuk dapat belajar di Sherbone School.

Alan Turing
Alan Turing at School by http://www.turingfilm.com/

Alan Turing pergi belajar ke Princeton University di Amerika pada tahun 1936 dan kembali lagi ke Inggris pada tahun 1938. Kemudian dia bergabung secara rahasia untuk Departemen Kriptoanalisi Inggris. Di sini ia memimpin sebuah tim untuk menguraikan kode Enigma NAZI. Alan dan timnya berhasil merancang sebuah mesin yang berhasil menerjemahkan pesan rahasia Jerman. Hal ini sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan sekutu memenangi perang dunia ke dua.

Alan Turing
Alan Turing at Bletchley park by http://i.telegraph.co.uk/

Mesin yang diciptakan oleh Alan dan teman-temannya inilah yang menjadi cikal bakal komputerisasi dalam kehidupan manusia. Mesin yang dibuatnya ini disebut Turing Machine, yang sekarang lebih dikenal komputer. Namanya pun digunakan sebagai nama penghargaan dalam bidang TIK, setara dengan penghargaan nobel. Penghargaan ini dikenal dengan Turing Award.

turing award
turing award by http://www.heidelberg-laureate-forum.org/

Namun sayang, kisah hidup Alan tak seindah dan sebrilian pemikirannya. Saat menjadi mahasiswa, Alan kehilangan sahabat baiknya yang meninggal karena keracunan. Setelah itu, ia pun menjadi gay. Karena hal ini, pada tahun 1952, dia ditangkap dan diadili, karena pada waktu itu homoseksual adalah tindakan ilegal. Untuk menghindari penjara, dia terpaksa disuntikan hormon estrogen untuk mengubah orientasinya. Karena depresi, Alan pun bunuh diri pada 7 Juni 1954.

Sebuah film yang dirilis tahun 2014 dan juga masuk dalam nominasi film terbaik Academy Award mengangkat kisah Alan Turing ke layar lebar. Film yang berjudul The Imitation Game ini menceritakan kisah Alan sejak kecil hingga kematiannya.


Artikel Terkait