5 Film Pendek Animasi Pemenang Penghargaan Oscar

FILM-Logorama1

Academy Award atau yang lebih dikenal dengan penghargaan Oscar adalah penghargaan yang paling bergengsi dan tertua dalam dunia perfilman. Bukan hanya menghadirkan penghargaan kepada  film bioskop terbaik, aktor terbaik, atau aktris terbaik. Academy Award alias Oscar yang dihelat tiap tahun ini juga memberikan penghargaan kepada film-film pendek Animasi.

Berikut ABe merangkum film-film pendek Animasi pemenang Oscar dari 5 tahun terakhir. Selamat menonton.

 1. Mr.Hublot

http://www.dailymotion.com/video/x20imb4_mr-hublot-2014-full-short-movie_shortfilms

Mr.Hublot adalah film pendek animasi asal Luxemburg yang memenangkan penghargaan Oscar di Academy Award edisi 86 pada 2 Maret 2014. Cerita berlatar dunia mekanik, dan berkisah tentang seorang pria dengan OCD yang membawa anak anjing robot dalam hidupnya. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Laurent Witz.

 2. Paperman

Jika ada film pendek dengan tema yang sederhana namun sangat menyentuh, maka itu adalah Paperman. Film yang disutradarai oleh John Kahrs ini berhasil memenangkan Piala Oscar di Academy Award edisi 85.

Paperman berkisah mengenai pertemuan seorang pria (George) dan wanita (Meg), di mana pertemuan tersebut meninggalkan kesan yang mendalam bagi keduanya, terutama bagi si pria. Hal ini membuat si pria berusaha untuk mencari si wanita tersebut demi satu perkenalan.

 3. The Fantastic Flying Books of Morris Lessmore

Film pendek animasi ini memiliki cerita yang unik. Bercerita tentang kota tempat tinggal Morris Lessmore yang tiba-tiba dihadang badai besar. Kemudian ia bertemu dengan seorang wanita misterius serta buku-buku yang dapat terbang. Morris lalu menemukan sebuah perpustakaan yang penuh dengan buku-buku yang hidup.

The Fantastic Flying Books of Morris Lessmore ini disutradarai oleh William Joyce dan Brandon Oldenburg dan berhasil membawa pulang piala Oscar pada Academy Award edisi 84.

 4. The Lost Thing

http://www.youtube.com/watch?v=t1YG7ZXfC6g

Seorang bocah yang sedang asyik bermain di pantai tiba-tiba menemukan makhluk aneh. Ia tak tahu apa nama makhluk aneh ini dan sepertinya tak ada orang yang terlalu peduli juga. Anehnya, makhluk aneh ini seolah menyita perhatian si bocah kecil. Ia mulai bertanya-tanya dari mana asal makhluk aneh ini.

Begitulah plot awal kisah film pendek yang disutradarai oleh Shaun Tan dan Andrew Ruhemann yang berhasil memenangkan piala Oscar di tahun 2010 sebagai film pendek animasi terbaik.

 5. Logorama

Aneh dan menghibur adalah kesan setelah anda menonton film pendek animasi terbaik 2009 ini. Film asal Perancis dan disutradarai oleh François Alaux, Hervé de Crécy dan Ludovic Houplain ini berkisah tentang buronan yang sedang diincar oleh polisi. Pengejaran di dunia logo ini membuat seisi kota menjadi porak poranda ditambah dengan gempa bumi yang tiba-tiba melanda kota.


Artikel Terkait