5 Alasan Kenapa Anak Muda Wajib Banget Ikut Karang Taruna

pemuda karang taruna

pemuda karang tarunaKarang taruna berasal dari kata “Karang” berarti tempat dan “Taruna” berarti pemuda, jadi karang taruna adalah tempatnya pemuda.  Pengertian Karang taruna adalah Organisasi kepemudaan Indonesia, Karangtaruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab.

Jadi Karang taruna merupakan organisasi resmi dari pemerintah indonesia dan mendapatkan dukungan sepenuhnya, karena karang taruna secara langsung berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Karang taruna dapat dibilang sebagai tangan pemerintah dalam mengembangkan potensi yang ada di daerah.

Seperti kita tahu kegiatan karang taruna meliputi melakukan kegiatan kerja bakti, pengajian, membantu warga dan masih banyak lagi kegiatan rutin yang dilakukan karang taruna.

Selain kegiatan positif Karang Taruna tersebut yang dapat mengasah daya kreatifitas dan kepekaan kamu terhadap lingkungan,  ternyata karang taruna mempunyai manfaat yang lebih keren lagi lho sob, makanya ABe sarankan buat sobat-sobat Muda untuk ikut Karang Taruna. Berikut 5 Alasan Kenapa Anak Muda Wajib Banget Ikut Karang Taruna.

1. Menjalin Tali Persaudaraan

Karang taruna selalu melakukan kegiatan bersama, semua masalah juga dihadapi bersama.  Anggota karang tararuna memiliki semangat kebersamaan, kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan menjalin tali persaudaraan. Jadi anggota karang taruna itu senasib sepenanggungan seneng bareng susah juga bareng.

2. Pembentukan Karakter

Kegiatan yang dilakukan karang taruna merujuk pada tugas dan fungsi dapat menumbuhkan karakter positif bagi anggotanya, selain sebagai wadah kreatifitas dan pengembangan diri juga sebagai pembentukan karakter pemuda. Dengan kegiatan positif di karang taruna sebagai pengisi waktu luang juga akan mengurangi tindakan kriminal dikalangan remaja. Kebayang kan kalo ga ada karang taruna?

3. Memberantas Premanisme

Apabila kalian belum pernah lihat yang namanya preman atau pernah lihat tapi di film aja. Berarti di daerah kalian ada Organisasi karang taruna. Tapi sebenernya preman itu beneran ada ga sih ? Jawabannya adalah ada. Seperti di Ibukota Jakarta misalnya disini premanisme merajalela, walaupun Pemprov DKI Jakarta sudah banyak mengerahkan ribuan personil anggota Pramong Praja alias satpol PP bahkan polisi tapi masih aja preman merajalela. Karena di jakarta udah jarang ada karang taruna paling cuma di daerah tertentu aja. Ini membuktikan bahwa organisasi karang taruna sangat hebat keberadaannya.

4. Enteng Jodoh

Untuk para jomblo pasti pada mengamini hal ini, hehe.. Menjadi anggota karang taruna harus kenal semua anggotanya.  Sering melakukan kegiatan bersama tidak jarang dari mereka yang suka satu sama lain alias cinlok dan menjalin hubungan serius hingga ke jenjang pernikahan. Lebih baik sama tetangga yang udah kenal seluk beluknya, dari pada sama yang disana yang masih belum jelas asal usulnya.

5. Berjiwa Wirausaha

Kerjasama, kejujuran, serta tanggung jawab adalah pedoman utama karang taruna. Kegiatan yang selalu diadakan sebagai pengisi waktu luang juga dapat menumbuhkan jiwa wirausaha. Walaupun sebenarnya pada usia muda memiliki jiwa alami untuk berwirausaha tapi kebanyakan dari mereka hanya kandas dalam pikiran dan angan saja, karena kebanyakan anak muda tidak langsung melakukan dengan tindakan tapi dicurahkan terhadap emosinya. Namanya juga anak muda yang emosinya masih menggebu-gebu dan masih labil pula.

Itulah manfaat karang taruna dan juga apa yang bakal kamu dapetin dengan bergabung dengan karang taruna. Sebenernya banyak lagi manfaatnya dan bisa kamu rasakan langsung kalo kamu ikutan langsung karang taruna.


Artikel Terkait