Intip Yuk, Sejarah Gunung Semeru

gunung semeru

gunung semeru

Hey sobat, jumpa lagi sama ABe yang udah nyiapin banyak banget berita menarik buat kamu semua. Penasaran sama berita menarik yang bakal abe ceritain ke kalian semua hari ini? Ayoo terus aja baca kalo kalian penasaran soalnya semakin ke belakang, dijamin makin seru deh hahaha promosi nih yee. Well, sekarang yuk mari kita menuju ke topik *tampang sok serius.

Sobat pernah ngebaca novel yang judulnya “5 Cm” belom? Atau udah pernah nonton filmnya? Disana tergambar jelas betapa indah dan kayanya negara kita, Indonesia terutama keindahan pegunungannya yang mana di film sama tuh novel ngangkat kemegahan salah satu gunung paling terkenal di Indonesia. Yap bener… gunung Semeru alias gunung Mahameru.

Gunung Semeru itu adalah gunung yang paling tinggi di Pulau Jawa, jadi bener kata di novel sama filmnya tuh kalo kalian udah ada di puncak Mahameru, berarti kalian udah mijakin kaki di dataran tertinggi di seluruh pulau Jawa, keren kan? Nah, setelah puas ngebayangin betapa kerennya gunung Semeru, yuk kita lanjut ke asal-usul gunung Semeru itu sendiri, penasaran?

Ternyata, usut punya usut, si gunung Semeru ini masih punya hubungan sama gunung Meru yang letaknya di India, Meru sama Mahameru, India sama Indonesia, emang dari segi nama gak jauh beda ya sob.

Alkisah, menurut kitab Tantu Pagelaran yang ada pada abad ke-15 nih ya, pulau Jawa itu dulu masih terombang-ambing tempatnya di samudera yang luaaas banget, trus karena gak tega ngeliat kondisinya yang terombang ambing bak orang linglung, dewa-dewa di langit pengen banget nyelametin dengan cara masang paku di pulau Jawa biar dia gak bisa lagi jalan kemana-mana. Pakunya udah jelas gak bisa dibeli di toko bangunan lah, pakunya itu nggak lain adalah gunung Meru yang ada di India.

Dewa yang diutus ke bumi waktu itu buat memaku pulau Jawa yaitu dewa Brahma sama dewa Wisnu. Dewa Brahma menjelma jadi ular panjang yang ngelilit ke gunung Meru, trus si Dewa Wisnu menjelma jadi kura-kura yang ngangkat tuh gunung di punggungnya sampe ke suatu wilayah yang selama ini kita kenal sebagai pulau Jawa. Pas nyampe di pulau Jawa, para dewa itu naruh gunung semeru di bagian barat pulau Jawa, eh kok malah pulaunya berat sebelah, waktu diletakin di Jawa bagian timur juga gitu.

Jadi, biar adil, para dewa tadi motong bagian gunung Meru trus ngeletakinnya di Jawa bagian Barat Laut. Potongan-potongan gunung ini dikenal sampai saat ini dengan Gunung Pawitra dan gunung Semeru. Gunung Semeru-pun sampe sekarang masih dianggep gunung dengan sejuta kisah mistis di dalamnya, sob. Tapi, dengan ngeliat asal-usul mitosnya, mungkin banyaknya kisah mistis itu disebabkan karena gunung ini merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewa.


Artikel Terkait