Apasih Bedanya Sistem Informasi dan Teknik Informatika?

Teknik Informatika

Heey, kalian yang baru lulus SMA trus mau ngelanjutin pendidikan ke bangku perguruan tinggi, apa kabar? Mau masuk jurusan apa nih?. Karena kalian ngebuka artikel ini udah pasti pilihannya antara sistem informasi sama teknik informatika kan? Masih bingung ya sob ngebedain dua jurusan itu?. Emang sih dari kita masih banyak yang gak tau apa perbedaan dari dua jurusan itu.

Bukan cuma kalian yang jadi calon maba aja yang bingung, orang umum pun belum tentu tau apa perbedaan antara sistem informasi sama teknik informatika, tapi untung ABe tau, jadi bisa nge-share alias ngebagi buat kalian semua. Kalo emang masih kurang mantep ilmunya tentang dua jurusan di atas, kali ini ABe bakal ngulas buat kalian semua.

Meski sekilas kedengerannya hampir sama, tapi dua jurusan ini beda loh, sobat. Saat kita mencari perbedaan antara sistem informasi sama teknik informatika itu mungkin sama kayak ketika kita nyari perbedaan antara jurusan kedokteran, sama ilmu kesehatan masyarakat, nah loh… sekilas mirip kan? Meski keduanya mirip, tapi perbedaannya itu cukup jauh loh sobat. Oke, supaya sobat ABe sekalian bisa lebih paham lagi mengenai perbedaannya, yuk mari intip di bawah!

Sekedar pengenalan nih ya, di negara kita tercinta yang berbentuk kepulauan ini (busyeet,, rinci amat 🙂 ) ada 3 jurusan yang bergerak di bidang kurikulum komputer, mereka-mereka ini adalah:

Teknik Informatika atau yang disebut ilmu komputer, bahasa bule-nya sih Computer Science.

Sistem Komputer atau yang disebut teknik komputer, bahasa bule-nya itu Computer Engineering.

Yang terakhir, ada sistem informasi atau manajemen informatika yang bahasa bule-nya Information Sistem.

Nah, kalo udah ngerti yang di atas, sekarang ABe bakal jelasin bedanya sistem informasi sama teknik informatika (liat poin 1 sama 2 ya sob) *belagak jadi guru yang baik. Kalo sistem informasi itu mempelajari tentang gimana caranya ngebangun sama nerapin teknologi informasi dengan proses bisnis yang lagi populer saat ini, jadi titik beratnya ada pada gimana IT bisa jadi penunjang bisnis yang berhasil and sukses nantinya.

Sedangkan kalo Teknik Informatika itu lebih ke gimana caranya ngembangin kecanggihan komputer, robotik, dan sistem kepintaran komputer di masa yang datang. Jadi, teknik informatika ini lebih ke prakteknya sedangkan kalo sistem informasi ini ke manajemen dari teknik informatika itu supaya bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Jadi dalam dunia teknik informatika kamu nanti akan di hadapkan pada beberapa ilmu yang mengharuskan kamu pintar dalam hal matematika.

Coding atau pemrograman komputer dengan berbagai analisa dan logika bahasa pemrograman yang rumit adalah salah satu hal yang akan banyak ditemui oleh mahasiswa di jurusan teknik informatika. Sementara jurusan sistem informasi walaupun juga bisa bertemu dengan berbagai hal berbau bahasa pemrograman namun porsinya tidak sebanyak di teknik informatika. Di sistem informasi nanti kalian akan bertemu dengan segala hal berbau manajemen, analisis dan implementasi sistem informasi.

The Hacker

Itulah kenapa alasannya di beberapa perguruan tinggi ada perbedaan penjaringan untuk jurusan sistem informasi dan teknik informasi. Untuk teknik informasi hanya bisa dimasuki oleh anak STM/SMK atau SMA yang sebelumnya jurusan IPA. Sementara Jurusan Sistem Informatika dan manajemen informatika bisa dimasuki oleh anak SMA Jurusan IPS maupun jurusan IPA dan STM/SMK.

Hal ini terjadi bukan karena semata diskriminasi sob, namun anak SMA IPA atau anak STM/SMK sudah biasa dengan berbagai hal berbau teknik dan hitung-hitungan sehingga diharapkan saat memasuki jurusan teknik informatika tidak lagi kaget dengan semua hal berbau hitung-hitungan yang sebelumnya sering mereka temukan saat jenjang sekolah menengah atas.

Karena memilih jurusan itu bukan hanya sekedar gengsi namun persiapan masa depan sob, pengalaman ABe (baca: penulis) nih yah yang dulu saat kuliah ngambil sistem informasi ada tuh temen satu jurusan yang transferan dari teknik informatika usut punya usut ternyata karena dia pusing menjalani kuliah di teknik informatika. So sebelum memilih jurusan pikirkan baik-baik, kalau memang ilmu kamu baik lebih disarankan masuk teknik namun jika nanti kalian masuk dalam mahasiswa yang suka berbisnis dan analisis serta rada alergi dengan hal yang berbau logika dan hitung-hitungan lebih baik masuk di sistem informasi.

Karena pada dasarnya kedua jurusan ini baik, prospek kerjanya juga bagus yang membedakan keseriusan kalian dalam belajar. Nah sekarang udah ngerti kan tentang perbedaan sistem informasi dan teknik informasi di atas tadi? Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian penggemar dunia informasi yang lagi hunting-hunting jurusan buat kuliah nanti. Dengan tau bedanya antara dua jurusan ini, diharapkan kalian gak salah pilih ya sob, good luck deh untuk kulaihnya!


Artikel Terkait