Usia Berapakah Sebaiknya Kamu Menikah?

nikah muda

nikah mudaMenikah adalah ibadah sob, jadi selagi kamu memiliki kesempatan dan siap melakukannya segeralah untuk menikah. Namun walau semua orang sepakat bahwa menikah adalah ibadah banyak yang masih menunda pernikahannya karena berbagai sebab seperti masih belum memiliki pasangan (Jomblo idealis), fokus kuliah dan belum mapan. Diantara sekian banyak alasan ini, belum mapan lah yang sering menjadi alasan terutama bagi kaum cowok buat menunda pernikahan.

Lalu usia berapakah sebaiknya kamu menikah?, semua usia selama udah cukup umur atau dewasa sudah bisa menikah, namun memang ada beberapa usai yang dianggap sebagai usia emas atau ideal untuk menikah. Penasaran usia berapa?, simak ulasannya disini sob.

1. Usia   Emas  Untuk Menikah Bagi Cowok

Cowok adalah golongan yang paling berperan dalam menentukan pernikahan. Karena cowok inilah yang akan menjadi tumpuan penghasilan keluarga nanti setelah menikah sehingga diperlukan kesiapan cowok dalam menghadapi pernikahan. Usia ideal untuk cowok melaksanakan pernikahan adalah di usia 24-27, usia ini merupakan usia emas dimana cowok dianggap sudah lulus kuliahnya dan mulai bekerja di tempat yang tepat.

Jika pekerjaan setelah lulus kuliah langsung mapan/besar misal seperti PNS maka usia 24 ini biasanya jadi pilihan karena sudah tidak memiliki kerisauan dan kekhawatiran akan pendapatan. Sebaliknya jika setelah kuliah seorang cowok belum memiliki pekerjaan yang pas maka Ia biasanya mencari dahulu hingga mendapatkan pekerjaan yang tepat. Biasanya pencarian pekerjaan ini memerlukan waktu 2-3 tahun setelah kuliah, hingga mendapatkan pekerjaan yang cocok.

2. Usia Emas Untuk Menikah Bagi Cewek

Cewek lebih luwes atau fleksibel dalam menentukan usai pernikahan sob karena cewek tuh  tidaklah berkewajiban untuk menanggung biaya keluarga setelah nikah nanti. Jika pun ada cewek yang berhalangan nikah tepat pada waktunya itu biasanya dikarenakan beberapa hal seperti ingin menyelesaikan kuliahnya dahulu, ingin menjaga keluarga dan belum siap.  Jika cewek kamu bilang belum siap maka memang dalam hatinya ada ganjalan yang membuatnya belum siap untuk melanjutkan hubungan hingga ke pernikahan, janganlah memaksanya untuk siap namun tunggulah hingga sang cewek siap.

Usia Ideal untuk cewek menikah diperkirakan ada di kisaran 22-25 tahun, saat umur seperti itu Cewek rata-rata sudah lulus kuliah dan bekerja. Berbeda dengan Cowok, setelah lulus cewek tidak terobsesi mengejar karier yang mapan karena tidak dibebani kewajiban biaya keluarga, sehingga pekerjaan dengan level medium saja sudah cukup untuk bisa melangsungkan pernikahan.

3. Alasan Kenapa Harus Menikah Di Usia Ideal

Menikah diusia emas atau ideal bisa menciptakan keturunan yang baik karena organ reproduksi bekerja sangat baik dan berada di puncaknya. Selain itu menikah di usia ideal untuk pertumbuhan anak yang masih berada pada usia produktif.

Saat Cowok menikah diusia 25 tahun misalnya beberapa bulan kemudian hamil maka di usia cowok yang 26-27 Cowok telah menjadi ayah, ini sangat baik karena nanti saat umur si anak 20 tahun dimana umur tersebut sangat membutuhkan banyak biaya sang ayah masih produktif. Selain itu dengan menikah di usia emas maka kita memiliki peluang buat memberikan waktu lebih banyak pada orangtua untuk bermain dengan cucu.

So sobat semua persiapkan usiamu dengan baik agar mapan tepat pada waktunya lalu jaga juga kesehatan dan organ reproduksi dengan baik agar memiliki keturunan yang sehat. Dan jika kamu sudah melampaui “masa emas” pernikahan jangan menyesal tetaplah bekerja dan jaga kesehatan dengan baik agar bisa memiliki keluarga yang sempurna.


Artikel Terkait