Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah

Memilih Jurusan Kuliah

Adakah diantara sobat sekalian yang berencana kuliah pada tahun ini? Kalau ada, artikel kali ini sepertinya cocok untuk sobat yang lagi kebingungan memilih jurusan kuliah. Perlu diakui, untuk memilih jurusan kuliah emang gak boleh sembarangan ya. Perlu pertimbangan matang untuk memutuskan hal yang satu ini sob, soalnya menyangkut karir sobat sekalian. Kalau udah ngomongin masa depan, kan bukan kaya beli kacang ya sob hehehe.

Well, kenapa sih kita harus mikir seribu kali buat milih jurusan kuliah? Yaps, selain ini untuk masa depan sobat, hal ini juga untuk kebaikan sobat alias biar gak stress. Pernah gak sih sobat semua nemuin mahasiswa yang berhenti di tengah jalan perkuliahannya karena nilainya yang anjlok? Atau karena sering bolos? Nah, mungkin salah satu alasannya adalah karena mahasiswa itu gak berminat sama jurusan yang selama ini ia pilih.

Alhasil, ya belajar nya ogah-ogahan, nilai anjlok dan sering bolos. Wah, jangan dicontoh ya. Hal itu biasanya terjadi karena yang bersangkutan dipaksa ortunya untuk milih jurusan tersebut. Banyak kan dari kita yang dipaksa sama ortunya jadi dokter padahal minatnya ke seni. Tadinya sih, mau ningkatin gengsi gitu sob, eh tapi anaknya jadi tertekan. Malah kuliahnya gak bener kan. Walah walah. Nah, maka dari itu, biar kita terhindar sama kasus begituan, simak yuk tips jitu memilih jurusan kuliah berikut ini:

1. Sesuaikan Dengan Minat dan Bakat

Hal ini penting banget sob, biar sobat semua bisa dapet nilai bagus dan punya motivasi belajar yang tinggi. Menurut pengalaman nih sob, kalo milih gak sesuai dengan minat dan bakat, kita jadi gak punya motivasi belajar yang tinggi. Biasanya, kalo sobat semua dari SMA atau ikut bimbel ada yang namanya Tes IQ gitu sob. Nanti keliatan IQ sobat berapa, bakatnya apa, dan rekomendasi jurusan. Tes itu bakal ngebantu banget loh sob buat milih jurusan nantinya. Jangan maksain juga, minat sih jadi dokter, tapi sobat tau kalo bakat sobat bukan dibidang kesehatan, jadi jangan pilih kedokteran karena bakal susah kedepannya sob, mending cari jurusan yang lain aja ya.

2. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Nah, sebelum memutuskan untuk memilih jurusan yang udah dikecengin dari dulu sama sobat, lebih baik cari dulu deh informasinya. Bisa cari di web, buku, atau tanya ke kakak-kakak kelas yang sebelumnya udah kuliah di jurusan tersebut. Sobat bisa nanya akreditasi jurusan tersebut, tipikal dosennya gimana, biayanya berapa, kegiatan kemahasiswaannya gimana, dan proses akademiknya.

3. Melihat Prospek Jurusan Tersebut

Selain memimilh jurusan yang diminti ada kalanya kita harus melihat prospek karir jurusan tersebut sob, jangan sampai kita susah berkarir gara-gara jurusan tersebut emang gak punya prospek bagus. Atau bisa jadi tahun depannya jurusan tersebut ditutup, hehehe.

Nah, sekian dulu ya sob tips jitu nya. Ingat sob, malu bertanya sesat di jalan. Jadi, banyakin nanya ke orang-orang berpengalaman ya. Selamat jadi calon mahasiswa sobat!


Artikel Terkait