Cara Ngadepin Dosen Killer

mengatasi dosen killer

Buat kamu-kamu yang masih kuliah, tentunya sering ngadepin berbagai tipe dosen dengan kebiasaan dan ciri khasnya masing-masing. Ada dosen yang baik dan biasa-biasa saja, dosen gaul dan nyentrik, dosen tua yang bijaksana dan bahkan dosen ‘killer’ yang cenderung menyebalkan. Huh kalau sudah menghadapi dosen dengan sifat yang satu ini bawaannya pasti suntuk, pelajaran gak masuk, mood ilang dan konsentrasi buyar.

Banyak banget kan efek negatifnya, untuk ini dalam bahasan kali ini ABe mencoba ngebahas gimana sih cara ngadepin dosen yang nyebelin bin ngeselin biar kamu gak bete tiap kali diajarin sama doi.

1. Mikir Positif Aja

study hard

Mikir postitif itu apa sih, mikirin positif itu mikir yang baik-baik sob, soalnya kalo kamu selalu berpikir negatif sama tipe dosen kayak gini maka bisa dipastiin kalo kamu bakalan males duluan buat masuk kelas apalagi ngerjain tugas dari doi. Boro-boro mau ngerjain tugas kan, liat mukanya aja bisa ngilangin mood buat kuliah kan?! . Kalo udah males kayak gini nantinya malah bikin ribet bin mumet soalnya kamu bakalan berpikir sering bolos dan lebih ngeri lagi kamu gak bakalan lulus mata kuliah doi. Wuuih.

2. Pede Aja Lagi

3072_membangun_kepercayaan_diri_anak_zpsef08e51d

Ini juga sikap yang musti dipupuk sob, karena sikap percaya diri ini sebenernya dibutuhin waktu ngadepin semua tipe dosen. Namun, sikap pede ini bakalan lebih dibutuhin saat ngadepin dosen killer yang suka ngasih pertanyaan sulit dan kritikan pedas pada mahasiswanya. Kalo kamu udah punya sikap pede yang tinggi, dijamin deh kamu bakalan nyantai aja ngadepin berbagai pertanyaan, kritikan maupun perilaku dosen yang nyebelin sehingga gimanapun gencarnya serangan pedas dari dosen gak bakalan mempan buat runtuhan mood bagus kamu. .

3. Minimalisir Kesalahan

good study

Waktu di kelas, usahain jangan banyak tingkah apalagi sampe ngobrol sama temen yang bisa bikin gaduh sehingga memancing kemurkaan si dosen killer. Saat diberi tugas, usahain juga buat ngerjain sebaik mungkin dan jangan lupa buat ngumpulin tepat waktu. Dijamin kalo udah kayak gini kamu gak bakalan kena damprat atau teguran keras dari doi, minimal meminimalisir sikap killer doi biar lebih terkendali.

4. Salam, Sapa, Senyum (3S)

senyum

Kalo kamu penggemar berat Aa Gym, pastinya udah familiar deh sama slogan 3S yang satu ini. Ternyata slogan ini bisa juga diterapin sehari-hari buat ngadepin tipe dosen yang ngeselin. Gak ada salahnya kan kalo kamu senyum, nyapa dan ngasih salam duluan saat papasan sama dosen killer tersebut. Kali aja doi bakalan balik respek dan kamu bakalan berada di ‘zona nyaman’ saat berada di dalam kelas. Tapi inget semua ada batasnya sob, jangan terlalu over yaa..

Bisa-bisa kamu di cap sebagai mahasiswa ‘penjilat’ dan bermuka dua lagi. Nanti yang ada malahan doi atau temen-temen gak bakalan respek sama kamu.

Selain dosen killer, kamu juga mungkin bakalan ngerasa sebel sama tipe dosen yang bersikap acuh tak acuh dan sok sibuk. Apalagi buat kamu-kamu yang udah memasuki masa skripsi sama mau ngadepin sidang akhir. Bayangin aja pas kamu mau bimbingan atau revisi sama tipe dosen yang satu ini, pastinya bakalan susah buat diajak ketemuan atau bikin janjian sama doi.

Ujung-ujungnya skripsi mu gak kelar-kelar sehingga waktu sidang pun molor, bahaya kan kalau kejadian kaya gitu. Makanya sobat-sobat ABe semua mulai sekarang lebih luwes yang hadapi dosen-dosen macam beginian, jangan di lawan keras karena itu akan semakin keras dan akan menjadi boomerang buat kuliah kamu.

Nah segini aja tips kali ini, semoga tips diatas bisa membantu sahabat ABe semua buat ngadepin dosen yang nyebelin dan jangan lupa kalo dosen juga manusia biasa yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Artikel Terkait