Apa Sih Bedanya Akuntansi & Manajemen Dalam Fakultas Ekonomi?

world-economy-investwithalex

Hai hai sobat semua yang kece, diantara sobat apakah ada yang sedang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, alias kuliah? Kalo ada, berarti sobat semua gak salah memutuskan baca artikel ini sampai habis ya. Soalnya artikel kali ini bisa jadi referensi buat sobat semua yang berencana untuk melanjutkan kuliah.

Well, bagi sobat semua yang berencana melanjutkan kuliah ke universitas, pasti sobat bakal dihadapkan pada satu kondisi yaitu bingung. Yaps, bingung untuk memilih fakultas atau jurusan mana yang cocok untuk sobat.

Tapi kali ini, admin mau kasih bocoran soal fakultas yang merupakan salah satu fakultas terfavorit se-jagad raya, alam semesta, jamrud khatulistiwa, cetar membahana. Haha, eh admin kelepasan jadi syahrini. Ups. Hihi

Nah, fakultas ekonomi ini emang banyak diincar sob, maklum prospeknya cerah sih, secerah mentari hehehe. Tengok aja tuh wapres kita Bapak Boediono atau mantan menteri Indonesia, ibu Sri Mulyani. Mereka pun lulusan fakultas ekonomi yang oke punya. Eits, tapi banyak orang yang terjebak pada pemilihan konsentrasinya sob, apakah akuntansi atau manajemen. Ini dia penjelasannya ..

Oke sob, kalo sobat semua memutuskan untuk masuk ke akuntansi atau accounting ini, berarti sobat harus siap-siap melakukan sebuah tugas utama seorang akuntan yaitu pembukuan. Pembukuannya jelas dong sob, pembukuan keuangan dari sebuah perusahaan. Akuntansi emang dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan. Namun, karena perkembangan teknologi, posisi akuntan ini digantikan oleh teknologi computer. Perusahaan menghitung dengan computer karena keakuratannya lebih terjamin. Dari segi waktu pun, jelas lebih cepat menggunakan computer. Nah, pada akhirnya banyak konsentrasi akuntansi yang mengajari mahasiswanya dengan computer.

Selain pembukuan seperti yang telah dipaparkan diatas, tentunya dalam akuntansi, sobat semua juga diajarkan bagaimana menyusun anggaran, metode akuntansi, perilaku-perilaku dalam metode akuntansi dsb. Tak lupa, mata kuliah seperti bahasa, hukum, dan manajemen pun terkadang diajarkan loh sobat, walaupun hanya sebentar. Wah enak ya, semuanya ada ni di FE :D.

Nah, tapi bagi sobat yang ga suka melakukan pembukuan yang identik banget sama akuntansi, sobat bisa mencoba salah satu jurusan atau konsentrasi yang ditawarkan FE lainnya, yaitu manajemen.

Dari bahasanya sendiri, udah bisa ditebak dong sob kalo manajemen ini tugasnya adalah yang berhubungan dengan urus-mengurus gitu. Yaps, ini cocok buat sobat yang berencana untuk buat sebuah perusahaan atau bercita-cita jadi manager. Kok gitu sih? Iya sob, soalnya di manajemen, kita belajar mengenai prinsip manajerial yang berhubungan dengan sebuah perusahaan. Selain prinsip manajerial, kita juga bakal belajar all about perusahaan deh. Contohnya aja seperti produk, karyawan, akuntansi, hukum, persaingan perusahaan dsb.

Nah, sekian sob info dari admin buat sobat yang bingung milih jurusan di FE. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menentukan masa depan sobat semua ya. Ganbatte.


Artikel Terkait